Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan, Pemula Wajib Simak!

Arin
|
September 23, 2022

Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan, Pemula Wajib Simak! - Bisnis katering makanan bisa dikatakan sebagai jenis bisnis dengan peluang yang sangat besar. Hal ini dikarenakan makanan merupakan jenis produk yang paling banyak diminati dan dicari oleh masyarakat dari berbagai macam kalangan sehingga memiliki potensi pasar yang sangat besar.

Selain itu, bisnis katering juga memungkinkan orang-orang untuk bisa menyantap makanan rumahan tanpa perlu repot-repot memasak sendiri. Maka dari itu, bisnis katering rumahan banyak diburu oleh para pekerja kantoran, anak kuliahan, hingga anak-anak yang masih sekolah karena kemudahan serta kepraktisannya.

Ingin tahu tips-tips untuk memulai bisnis katering rumah yang cocok untuk pemula? Simak artikel yang satu ini dan dapatkan jawabannya!

Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan, Pemula Wajib Simak!

Bisnis katering merupakan jenis bisnis di bidang makanan yang pastinya memiliki banyak kompetitor di pasaran. Oleh karena itu, banyak sekali pemula yang ragu-ragu untuk ikut terjun ke bisnis yang satu ini karena jumlah saingannya yang tidak sedikit.

Padahal, jika dilakukan dengan tekun serta rajin maka bukanlah tidak mungkin kalau bisnis katering rumahan mereka bisa menarik banyak pelanggan dan mengalahkan pesaing mereka. Bagi kamu para pemula yang bingung tentang bagaimana cara memulai bisnis katering rumahan, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Tentukan jenis makanan dan target

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam memulai bisnis katering rumahan adalah menentukan jenis katering serta target pelanggan bisnismu. Langkah ini nantinya akan mempermudah kamu untuk menentukan menu, memasang harga, hingga memilih media promosi yang tepat dan sesuai dengan target pelanggan yang dituju.

Umumnya, bisnis katering rumahan menyediakan jumlah porsi yang terbatas karena dilakukan dalam skala yang lebih kecil dan diurus secara perorangan. Maka dari itu, tentukanlah jenis makanan dan target terlebih dahulu agar pelayanan dalam katering kamu berjalan dengan lebih lancar.

Sempurnakan menu

Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan, Pemula Wajib Simak!

Selanjutnya, kamu bisa menyempurnakan rasa makanan dari menu yang akan dijual. Tentunya, cita rasa makanan yang lezat akan menjadi pertimbangan utama pelanggan saat mereka memutuskan untuk membeli atau berlangganan di bisnis katering rumahan milikmu.

Selain kemampuan masak yang mumpuni, kamu juga harus memiliki pikiran yang kreatif dan inovatif agar bisa mengembangkan menu yang menarik sehingga tidak membuat pelanggan bosan. Siapkanlah makanan yang lezat, namun tetap sehat dan bergizi agar pelanggan baru terus berdatangan dan pelanggan lama semakin betah berlangganan di bisnis katering milikmu.

Cari supplier terpercaya

Rasa dan kualitas makanan ditentukan dari kualitas bahan yang digunakan. Maka dari itu, kamu harus menggunakan bahan yang berkualitas dalam memasak makanan dalam bisnis katering milikmu agar hasil yang didapatkan sesuai dan makanan tetap segar ketika diterima oleh pelanggan.

Carilah supplier yang menyediakan bahan baku yang berkualitas, namun tetap sesuai dengan modal yang kamu miliki. Jangan mudah tergoda dengan harga yang lebih murah namun memiliki kualitas yang buruk. Untuk mendapatkan supplier yang terpercaya, kamu bisa meminta saran dari kenalan atau bahkan mencari secara langsung di pasar.

Bangun loyalitas pelanggan

Tips Memulai Bisnis Katering Rumahan, Pemula Wajib Simak!

Selain memaksimalkan menu makanan, tentunya kamu juga harus memaksimalkan pelayanan dalam bisnis katering rumahan yang kamu jalankan agar dapat membangun loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas pastinya akan melakukan pembelian kembali dan bahkan mempromosikan bisnis katering milikmu secara cuma-cuma ke kenalan mereka. Kamu pun mendapatkan exposure gratis yang bisa menekan biaya untuk promosi.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, seperti meminta saran serta pendapat dari pelanggan atau menyediakan polling untuk menu selanjutnya. Kamu juga bisa membangun loyalitas pelanggan dengan cara mencetak nutrition facts label di kemasan makanan dalam bisnis katering milikmu sehingga pelanggan bisa mengetahui dengan jelas komposisi serta bahan yang digunakan. 

Kelola keuangan bisnis dengan tepat

Bisnis akan berjalan dengan lebih lancar jika pengelolaan keuangan dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, kamu harus terus memantau keuangan bisnis katering rumahan milikmu secara berkala agar bisa mengetahui seberapa besar keuntungan maupun kerugian yang didapat pada saat menjalankan bisnis.

Langkah yang satu ini nantinya juga bisa membantu kamu dalam mengetahui pengeluaran apa yang tidak optimal pada sistem operasional bisnis sehingga dana tersebut bisa kamu ubah atau alihkan ke bagian lain yang lebih membutuhkan. Untuk memudahkan pengelolaan bisnis, kamu bisa memakai aplikasi OY! Bisnis yang memungkinkan kamu untuk memeriksa transaksi masuk-keluar dalam satu dashboard yang serbaguna dan transparan.

Setelah membaca artikel mengenai tips untuk memulai bisnis katering rumahan, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Kembangkan Bisnis Milikmu dengan OY! Bisnis

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023