Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Buat Anak Kuliahan

Arin
|
September 7, 2022

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Buat Anak Kuliahan - Berbeda dengan masa-masa saat masih sekolah, anak kuliah umumnya tinggal jauh dari keluarga dan pindah ke lingkungan baru sehingga mereka harus membiasakan diri untuk hidup dengan lebih mandiri.

Anak kuliahan biasanya masih bergantung kepada keluarga untuk membiayai perkuliahan mereka. Namun, tidak jarang juga ada kalangan yang lebih memilih untuk mencari penghasilan sendiri atau mencari beasiswa agar bisa berkuliah mereka tanpa harus bergantung kepada orang tua.

Tidak bisa dimungkiri bahwa anak kuliahan mempunyai kebutuhan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan anak sekolahan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu juga mempertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan yang setidaknya bisa digunakan untuk menambah uang jajan sehari-hari.

Ingin tahu cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk anak kuliahan yang tidak akan mengganggu perkuliahan? Yuk, simak artikel di bawah dan ketahui jawabannya!

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Buat Anak Kuliahan

Walaupun masih mendapatkan bantuan biaya dari keluarga, tidak ada salahnya jika anak kuliahan juga mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di sela-sela kesibukan perkuliahan mereka.

Dengan cara memiliki penghasilan tambahan sejak kuliah, maka kamu pun bisa menambah pengalaman sekaligus meringankan beban keluarga. Selain itu, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan lebih nyaman sehingga tidak perlu lagi pusing akan masalah finansial.

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis serta pekerjaan yang bisas dilakukan oleh anak kuliahan. Simak terus penjelasannya dan temukan mana yang cocok untuk kamu!

Freelancing di waktu luang

Anak kuliahan memiliki banyak kegiatan sehingga freelancing menjadi pilihan yang tepat karena jam kerjanya yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jadwal harian kamu. Pastikan saja bahwa kamu bisa mengatur jadwal dengan baik. Misalnya, gunakanlah pagi hari untuk pergi ke kelas dan sorenya untuk menyelesaikan pekerjaan freelance.

Menjadi freelance juga tidak sulit. Kamu bisa mencari perusahaan yang membutuhkan pekerja lepas dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki lewat internet atau komunitas para freelancer. Kamu pun bisa mendapatkan uang jajan tambahan tanpa harus takut akan mengganggu kegiatan perkuliahan.

Daftar program magang

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Buat Anak Kuliahan

Program magang merupakan suatu kegiatan dimana anak kuliahan diperkenalkan tentang cara bekerja dalam lingkup dunia kerja nyata. Program yang satu ini biasanya berjalan selama beberapa bulan hingga satu tahun sehingga kamu juga harus pintar-pintar mengatur jadwal agar tidak bentrok dengan jadwal perkuliahan.

Saat ini, sudah ada banyak sekali program di kampus yang akan membantu menghubungkan mahasiswanya dengan berbagai macam perusahaan agar mereka bisa menjalani program magang atau mentoring. Nah, cara yang satu ini cocok untuk dilakukan bagi kamu yang mau mencari penghasilan tambahan sekaligus networking karena lingkungan kerjanya yang luas.

Jadi tutor atau asisten dosen

Bagi kamu yang percaya diri dengan kemampuan akademis atau bahkan ingin mengembangkan kemampuan di bidang tersebut bisa mencoba cara yang satu ini untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selain berfungsi untuk menambah uang jajan, kamu bahkan bisa saja diikutsertakan dalam proyek milik dosen sehingga bisa menjadi poin plus nantinya.

Biasanya setiap kampus memiliki syarat dan ketentuan tersendiri untuk mereka yang ingin menjadi tutor atau asisten dosen. Namun, syarat terpenting tentunya memiliki nilai yang bagus dan stabil. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu telah memenuhi persyaratan tersebut dan tetap bisa mempertahankan nilai-nilaimu agar tetap bagus selama masa perkuliahan, ya!

Gabung jadi afiliator

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Buat Anak Kuliahan

Kamu suka blogging? Suka buat konten di media sosial? Jika iya, maka program afiliasi menjadi salah satu cara yang tepat dan bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. Umumnya, afiliator bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk mempromosikan produk perusahaan ke pelanggan.

Berbeda dengan reseller, afiliator biasanya akan mempromosikan produk melalui konten yang mereka buat lalu membagikan tautan tentang produk tersebut. Konten yang dimaksud juga bisa dalam bentuk apa saja, dari foto, video, atau bahkan tulisan yang dibagikan di media sosial maupun website. Kamu pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan modal sepeser pun.

Buka online shop

Cara yang satu ini cocok dilakukan bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia bisnis dan baru saja menjalankan bisnis. Dengan cara memulai bisnis online, maka kamu bisa memulai bisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar. Selain itu, kamu juga bisa menjual produk melalui marketplace sehingga kegiatan jual-beli bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu kegiatan perkuliahan.

Misalnya, kamu bisa pertimbangkan untuk menjual barang thrifted atau menawarkan jasa desain grafis. Tawarkanlah jualan kamu ke orang-orang di kampus sebelum melakukan promosi lebih lanjut dengan menggunakan media sosial agar jualan kamu semakin laris dan kamu bisa mendapatkan uang jajan tambahan.

Nah, setelah membaca artikel mengenai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan buat anak kuliahan, apakah kamu semakin tertarik untuk memulai bisnis online kamu dari sekarang dan mendapatkan uang jajan tambahan? Jika iya, ayo gabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati manfaatnya!

Gunakan OY! Bisnis untuk Transaksi Mudah Kapan Saja!

OY! Indonesia memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan mudah dan efisien. Oleh karena itu, OY! Indonesia melalui OY! Bisnis menyediakan beragam produk finansial yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

Lewat layanan yang dimiliki OY! Bisnis, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan saat membayar orderan. Ada pun opsi pembayaran yang bisa disediakan adalah transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah tersambung dengan lebih dari 100 bank di Indonesia serta berbagai macam jenis e-wallet sehingga kamu bisa melakukan transfer dana ke berbagai tujuan dengan mudah.

Dengan banyaknya pilihan fitur yang disediakan, baik kamu sebagai pebisnis maupun pelanggan akan mendapatkan kenyamanan bertransaksi sehingga bisa mengoptimalkan penjualan di bisnis kamu.

Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam keuntungannya apakah kamu semakin tertarik untuk mendaftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023