Cara Transfer Uang Tanpa ATM Melalui Weselpos Indonesia

Shafira
|
May 3, 2021

Transfer uang tanpa ATM kini bukan lagi sesuatu yang nggak mungkin. Sebelumnya, kamu diwajibkan memiliki rekening dan kartu ATM terlebih dahulu. Terlebih lagi, kamu harus mendatangi lokasi mesin ATM atau bank terdekat untuk melakukan transfer uang.

Kini, kamu nggak perlu membawa kartu ATM untuk transfer uang. Terdapat berbagai cara alternatif transfer uang yang patut kamu coba. Salah satunya adalah layanan Weselpos Indonesia dari PT Pos Indonesia (Persero). Mari pelajari layanan transfer uang tanpa ATM ini!

Transfer Uang Tanpa ATM Melalui Weselpos Indonesia

Transfer Uang Lewat Weselpos Indonesia

Selain untuk mengirim surat dan paket, kantor pos dapat digunakan sebagai sarana pengiriman uang lho. Layanan transfer uang melalui kantor pos disebut sebagai wesel. Sebelum itu, ketahui dulu beberapa jenis layanan wesel yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

Weselpos Instan

Weselpos Instan merupakan pengiriman uang tercepat dan bersifat real time. Transaksi ini menggunakan PIN serta Nomor Transaksi Pusat (NTP) dan akan dikirim langsung dari pengirim uang kepada penerima uang. Uang dapat dicairkan di semua Kantor Pos.

Weselpos Korporat/Kemitraan

Jenis Weselpos ini merupakan bentuk layanan kerja sama dengan pihak lain. Layanan ini dilakukan dengan suatu perjanjian kerjasama dimana tarif dan layanan yang berlaku telah disepakati bersama mitra. Penerima uang akan mendapatkan informasi kiriman melalui surat pemberitahuan (RS-2) yang diantar oleh petugas Kantor Pos. Alternatif lainnya adalah penerima dapat meminta nomor referensi kiriman secara langsung dari mitra.

Weselpos Cash to Account (Setoran Tunai)

Layanan Weselpos ini melakukan pengiriman uang dalam bentuk setoran tunai dari Kantor Pos menuju rekening tujuan secara real time. Pengirim dapat melakukan pengiriman uang ke seluruh bank di Indonesia melalui Kantor Pos dengan limit per transaksi sebesar Rp25 juta. Uang akan dikirim secara real time oleh Kantor Pos melalui jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.  

Weselpos Prima

Weselpos Prima merupakan layanan transfer uang tanpa ATM yang menggunakan surat pemberitahuan (RS-2). Surat tersebut akan diantar oleh petugas Kantor Pos kepada penerima uang. Uang hanya dapat dicairkan di Kantor Pos yang ditunjuk dalam surat pemberitahuan.

Keunggulan Transfer Uang Tanpa ATM dengan Weselpos Indonesia

Transfer Uang Lewat Weselpos Indonesia

Jangkauan Pengiriman Luas

Kantor Pos memiliki jaringan yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga jangkauan pengiriman sangat luas. Kamu dapat melakukan transaksi pengiriman maupun pencairan di Kantor Pos mana pun dengan mudah.

Layanan Cepat dan Mudah

Kamu bisa mengunjungi Kantor Pos terdekat setelah mendapatkan informasi pengiriman seperti nomor referensi (NTP), PIN, atau surat pemberitahuan (RS-2). Kamu cukup mengisi formulir pencairan, menyebutkan informasi pengiriman, dan menunjukkan data diri yang berlaku. Uang kiriman dapat kamu terima secara langsung.

Kantor Pos juga dapat menerima setoran tunai ke semua rekening bank secara real time dengan menggunakan jaringan ATM Bersama dan ATM Prima.

Transaksi Dijamin Aman

PT Pos Indonesia (Persero) mengikuti peraturan remitansi berstandar internasional demi meningkatkan keamanan transaksi. Kiriman uang selalu dipastikan akan diserahkan kepada tujuan yang berhak menerima sebagai upaya pencegahan agar nggak terjadi tindakan melanggar hukum.

Selain itu, PT Pos Indonesia (Persero) juga mengikuti ketentuan APU (Anti Pencucian Uang), PPT (Pencegahan Pendanaan Terorisme), TKM (Transaksi Keuangan Mencurigakan), dan Anti Penipuan (Anti fraud) yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Ketentuan Transfer Uang Menggunakan Weselpos Indonesia

Transfer Uang Lewat Weselpos Indonesia

Nah, jika kamu ingin melakukan pengiriman uang melalui layanan Weselpos Indonesia, perhatikan ketentuan berikut ini:

  1. Pengirim wajib mengisi formulir pengiriman uang dengan benar dan sesuai dengan data diri yang berlaku. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, pengirim harus bertanggung jawab secara sepenuhnya.
  2. Untuk layanan Weselpos Instan, pengirim yang melakukan pemberitahuan nomor NTP (Nomor Transaksi Penerima) dan PIN kepada penerima uang.
  3. Hanya pengirim yang dapat melakukan pembuatan PIN. Pengirim juga dilarang memberitahukan PIN kepada orang lain selain penerima uang.
  4. Penyalahgunaan PIN Weselpos akibat kelalaian pengirim tidak akan dipertanggungjawabkan oleh PT Pos Indonesia (Persero).
  5. Pengirim dapat melakukan pembatalan kiriman uang. Uang akan dikembalikan kepada pengirim sesuai nilai yang ada di resi pengiriman. Namun nominal uang akan dikurangi dengan biaya pengiriman.
  6. PT Pos Indonesia (Persero) tidak dapat mengganti rugi atas kegagalan pengiriman akibat hal-hal diluar kendali seperti bencana alam atau situasi darurat.
  7. Weselpos akan dinyatakan expired setelah 2 tahun sejak tanggal pengiriman dan tidak dapat dicairkan kembali.

Itulah uraian cara transfer uang tanpa ATM dengan menggunakan layanan Weselpos Indonesia. Pengiriman uang ini dijamin aman dan akan memberikan kemudahan bagi kerabat atau keluarga yang nggak memiliki rekening bank. Selain itu, Kantor Pos memiliki jangkauan yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga dapat dijangkau dari daerah terpencil yang jauh dari fasilitas bank.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023