Jangan Lewatkan, Daftar Mudik Gratis 2022

Arin
|
April 20, 2022

Jangan Lewatkan, Ini Daftar Mudik Gratis 2022! - Seperti biasa, ketika mendekati waktu lebaran masyarakat pasti akan berbondong-bondong untuk melakukan perjalanan mudik. Setelah dua tahun terhalangi oleh pandemi COVID-19 yang melanda seantero negeri, pemerintah Indonesia akhirnya mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman mereka pada saat cuti bersama lebaran 2022.

Tingginya minat masyarakat Indonesia dengan kegiatan yang satu ini membuat pemerintah kembali mengadakan program mudik gratis 2022 dari berbagai jenis instansi seperti pemerintah pusat, daerah, hingga perusahaan-perusahaan milik negara. 

Jangan Lewatkan, Daftar Mudik Gratis 2022

Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui program mudik gratis apa saja yang disediakan oleh pemerintah dan perusahaan-perusahaan di Indonesia!

 

Jangan Lewatkan, Daftar Mudik Gratis 2022

 

Program mudik gratis ini sebenarnya merupakan hal yang lumrah di Indonesia setiap musim mudik lebaran. Hanya saja, kegiatan ini sempat terhenti karena himbauan untuk tidak melakukan kegiatan mudik pada saat hari raya Idul Fitri di tahun 2020 dan 2021.

Jangan Lewatkan, Daftar Mudik Gratis 2022

 

Jika kamu berminat untuk mengikuti program mudik gratis 2022, berikut adalah beberapa program yang telah dibuka pendaftarannya beserta jadwal, cara pendaftaran dan syarat yang harus kamu penuhi.

 

Kementerian Perhubungan

 

Tahun ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengadakan program mudik gratis 2022 dengan kuota sebanyak 21.000 pemudik. Akan tetapi, karena terbatasnya anggaran dan waktu persiapan tahun ini Kemenhub hanya bisa memfasilitasi pemudik dengan tujuan Jawa Barat dan Jawa Tengah saja. Para pemudik akan diberangkatkan melalui beberapa terminal yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, hingga Tangerang.

Kamu bisa mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti program mudik gratis dari Kemenhub sejak tanggal 27-29 April. Simak cara pendaftaran mudik gratis 2022 dari Kemenhub di bawah:

  1. Akses halaman website www.mudikhubdat2022.com
  2. Daftarkan diri secara daring dan isi data dengan lengkap
  3. Tunggu verifikasi dan validasi akun dari sistem
  4. Unduh dan cetak QR e ticket yang diberikan
  5. Membawa e ticket beserta dokumen pendukung (KTP, KK, Sertifikat Vaksin) dan pastikan memiliki aplikasi PeduliLindungi saat ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus
  6. Setelah mendapatkan nomor bus dan lokasi pemberangkatan, pemudik siap berangkat ke lokasi tujuan

 

Pemprov DKI

 

Selain Kemenhub, Pemprov DKI juga menyediakan program mudik gratis untuk mudik lebaran tahun ini. Pemprov DKI membuka kuota pendaftaran untuk 19.000 pemudik dengan tujuan Palembang hingga Malang.

Program mudik yang satu ini diutamakan untuk masyarakat yang memegang KTP DKI Jakarta. Pemprov DKI juga akan memfasilitasi para pemudik dengan 292 unit bus untuk arus mudik dan 200 unit bus saat arus balik.

Yuk, simak cara pendaftaran mudik gratis 2022 dari Pemprov DKI di bawah:

  1. Daftarkan diri melalui website https://mudikgratisdkijakarta.id/ 
  2. Pastikan kamu mengisi data diri dengan lengkap (nama, NIK KTP, nomor telepon, kota tujuan, dan sebagainya)
  3. Tunggu verifikasi data, biasanya akan diinfokan lewat nomor telepon atau email
  4. Calon pemudik akan mendapatkan kode booking
  5. Tukar kode booking dengan e ticket saat melakukan verifikasi offline sesuai jadwal yang tertera (verifikasi offline bisa dilakukan di Suku Dinas Perhubungan seluruh wilayah DKI Jakarta)
  6. Pastikan membawa dokumen pendukung (KTP, KK, hingga sertifikat vaksin) saat verifikasi offline
  7. E ticket akan dikirim melalui email beserta informasi keberangkatan sesuai jadwal dan terminal yang telah ditentukan

 

Jasa Raharja

 

Program mudik gratis yang diselenggarakan pada saat cuti bersama lebaran 2022 berikutnya adalah dari Jasa Raharja. Program mudik lebaran yang satu ini mengusung tema "Mudik Sehat Bersama BUMN 2022" dan akan berlangsung dari tanggal 27 April sampai 1 Mei 2022.

PT Jasa Raharja diketahui mempersiapkan kuota pemudik sebanyak 20.000 orang yang akan difasilitasi dengan 100 unit bus dan moda transportasi kereta api. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti program mudik gratis 2022 dari Jasa Raharja dengan mengikuti cara di bawah:

  1. Akses halaman website https://daftar-mudik.jasaraharja.co.id/get-token
  2. Masukkan nomor telepon aktif dan jumlah kursi, lalu klik "Ambil Token" 
  3. Kemudian klik menu garis tiga vertikal di pojok kanan atas dan pilih “Pendaftaran Mudik”
  4. Masukan nomor token dan nomor telepon aktif
  5. Klik “Daftar”
  6. Lengkapi data diri, formulir pendaftaran, dan unggah dokumen persyaratan
  7. Calon pemudik yang membawa kendaraan pribadi harus menunjukkan STNK kendaraan dan/atau SIM.
  8. Tunggu sampai akun telah diverifikasi dan mendapatkan kode mudik

 

Kimia Farma

 

Kimia Farma kembali membuka kesempatan bagi 480 pemudik untuk mengikuti program gratis mudik lebaran yang mereka selenggarakan untuk masyarakat umum dan karyawan Kimia Farma. Pendaftaran peserta telah dimulai sejak tanggal 11 April hingga 20 April 2022 melalui halaman website resmi mereka.

Adapun, rute mudik gratis 2022 yang ditawarkan adalah Bukit Tinggi, Solo, Yogyakarta, Semarang, Padang, Surabaya, dan Malang. Pemberangkatan mudik gratis lebaran dari Kimia Farma akan diselenggarakan secara serentak dari Gelora Bung Karno (GBK) dengan menggunakan bus. Selain itu, Kimia Farma juga memfasilitasi calon pemudik dengan vaksin booster (dosis ketiga) gratis bagi mereka yang belum menerima booster.

Cara daftar mudik lebaran gratis dari Kimia Farma:

  1. Buka halaman website https://mudik.kimiafarma.co.id
  2. Klik menu “Pendaftaran”
  3. Isi kolom data diri dengan lengkap untuk registrasi akun, lalu klik “Daftar Akun”
  4. Lakukan login dengan akun yang sudah didaftarkan
  5. Isi formulir pendaftaran yang telah disediakan
  6. Tunggu hasil verifikasi dari Kimia Farma
  7. Calon penumpang yang sukses mendaftar akan melakukan pendaftaran ulang pada tanggal 21-25 April 2022

 

Syarat perjalanan untuk para pemudik

 

Berikut merupakan syarat perjalanan mudik yang harus dipatuhi masyarakat yang mengikuti program mudik gratis pada saat cuti bersama lebaran 2022. Pemudik pengguna alat transportasi umum seperti bus, kereta hingga pesawat harus mengikuti ketentuan yang telah diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Virus COVID-19 yang akan mulai berlaku per 2 April 2022.

  1. Calon pemudik yang sudah menerima vaksin booster (dosis ketiga) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening COVID-19.
  2. Calon pemudik yang baru menerima vaksin dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  3. Calon pemudik yang baru menerima vaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Calon pemudik yang tidak bisa menerima vaksin karena alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter beserta hasil negatif RT-PCR 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  5. Anak berusia di bawah 6 tahun diberikan pengecualian vaksin ataupun menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen dan RT-PCR. Akan tetapi, wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi persyaratan di atas.

Itulah daftar perusahaan serta instansi pemerintah yang menyelenggarakan program mudik gratis di lebaran 2022 kali ini. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang sudah kami beritahu saat hendak mendaftar ya. Selamat mencoba dan semoga beruntung!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023