Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

Arin
|
April 18, 2022

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa - Bulan puasa memang merupakan bulan yang penuh berkah yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Apalagi untuk para pelaku usaha, momen ini merupakan momen penuh potensi bisnis yang bisa mereka manfaatkan.

Walaupun banyak orang menjalani ibadah puasa, permintaan makanan dan minuman sudah dipastikan akan mengalami peningkatan dibandingkan bulan-bulan lainnya. Orang-orang yang berpuasa akan mencari makanan dan minuman menjelang waktu berbuka puasa maupun sahur. 

Berbagai macam penjual makanan dan minuman bisa dengan mudah kamu temukan di temukan di segala sisi jalanan, kamu juga akan menemukan antrian untuk membeli takjil di setiap sudut pasar. Omzet penjualan yang didapat oleh para penjual pun tidak sedikit jumlahnya jika mereka memilih untuk produk yang merupakan jualan paling laris di bulan ramadan.

Bagaimana tidak? Sekalinya membeli, orang-orang akan pulang dengan membawa beberapa kantong plastik berisi berbagai macam makanan dan minuman dalam jumlah banyak dan bukan untuk dikonsumsi sendiri, melainkan untuk dibagikan ke orang lain.

Nah, bagi kamu yang ingin mencari peruntungan di bulan puasa, berikut adalah rekomendasi makanan dan minuman yang cocok dijadikan ide jualan di bulan ramadan.

 

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Dari sekian banyaknya peluang bisnis saat ramadan, berikut adalah beberapa dagangan yang laris saat bulan puasa yang bisa kamu gunakan untuk dijadikan ide jualan di bulan puasa.

Es cendol atau es dawet

 

Minuman yang satu ini rasanya sudah tidak asing untuk ditemukan saat ramadhan. Dengan bahan utama tepung beras atau tepung hunkwe, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar karena bahannya murah dan mudah dicari. Hal ini tentunya membuat es cendol atau dawet menjadi ide jualan di bulan puasa yang menjanjikan.

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Rasa gurih dari santan dan manisnya gula merah membuat minuman ini menjadi salah satu jajanan yang paling disukai. Apalagi jika ditambahkan es batu, minuman ini pasti akan terasa lebih nikmat untuk disantap saat waktunya buka puasa.

 

Es buah

 

Takjil untuk ramadan tampaknya selalu dikaitkan dengan minuman yang menyegarkan. Oleh karena itu, dagangan yang laris saat bulan puasa lainnya adalah es buah. Umumnya, es buah ini terbuat dari berbagai macam campuran buah potong, cincau, hingga kolang-kaling dengan siraman kuah susu, sirop dan air gula sehingga cocok untuk dijadikan ide jualan di bulan puasa.

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Tampilannya yang warna-warni saja sudah pasti akan membuat orang tergiur untuk membelinya. Ditambah lagi dengan wangi manis dan dingin dari es yang pasti akan membuat es buah terasa lebih nikmat dan menyegarkan sehingga membuatnya menjadi jualan paling laris di bulan ramadhan.

 

Minuman dingin

 

Siapa sih yang tidak tergoda ketika melihat minuman dingin setelah menahan dahaga saat sedang berpuasa? Jika dilihat dari betapa larisnya toko yang berjualan minuman dingin, masyarakat Indonesia tampaknya lebih menyukai minuman dingin untuk melepas dahaga setelah berpuasa. 

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai ide jualan kamu. Dari minuman kemasan sampai berbagai macam jus buah, kamu bisa variasikan jenis jualan kamu agar menarik lebih banyak pembeli. Maka dari itu, minuman dingin mempunyai potensi untuk menjadi dagangan yang laris saat bulan puasa.

 

Kolak dan bubur sumsum

 

Makanan yang cocok dijual saat bulan puasa lainnya adalah kolak dan bubur sumsum. Makanan ini cukup mengenyangkan, tetapi tidak terlalu berat sehingga cocok untuk disantap saat buka puasa. 

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Saat berbuka puasa, ada anjuran untuk berbuka dengan menyantap makanan manis untuk mengembalikan energi yang hilang di siang hari. Kolak dan bubur sumsum keduanya menggunakan gula merah sebagai pemanis, sehingga memberikan rasa manis namun tetap tidak berlebihan. 

Selain itu keduanya juga bisa disantap ketika masih hangat atau setelah dingin, tergantung selera masing-masing. Karena populer di berbagai macam kalangan, kolak dan bubur sumsum merupakan ide jualan makanan di bulan puasa yang memiliki potensi besar.

 

Gorengan

 

Ide jualan makanan di bulan puasa berikutnya adalah gorengan. Umumnya, orang-orang memilih gorengan untuk dijadikan cemilan saat berbuka puasa. Jenisnya juga beragam sehingga pembeli bisa memilih dari berbagai macam gorengan seperti cireng, tahu isi, singkong goreng, dan sebagainya.

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Selain karena cara pembuatannya yang mudah, bahan baku yang diperlukan juga harganya tidak mahal sehingga kamu tidak perlu modal yang besar untuk menjual makanan yang satu ini. Kamu juga tidak perlu takut akan kompetitor. Walaupun jumlah pedagang gorengan ada banyak, tetapi begitu juga jumlah konsumennya sehingga kamu tidak perlu takut akan kalah bersaing.

 

Olahan kurma

 

Kurma menjadi salah satu dagangan yang laris saat bulan puasa. Selain karena rasanya yang enak, kurma juga kaya akan manfaat. Rasa manis dari kurma juga bisa membantu untuk memulihkan energi yang hilang saat kamu berpuasa dan bisa mencegah sembelit. 

Makanan dan Minuman yang Cocok Dijadikan Ide Jualan di Bulan Puasa

 

Selain itu, kurma juga banyak diminati karena bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan dan minuman lain. Kamu pun bisa membuat jualan kamu menjadi berbeda dengan yang lain dengan cara menjual olahan seperti susu kurma, kolak kurma, puding kurma, dan sebagainya.

Kurma adalah makanan yang cocok dijual saat bulan puasa karena bisa divariasikan produk olahan lain dan banyak peminat, tidak ada salahnya jika kamu mencoba peruntungan dengan cara berjualan kurma sebagai ide jualan makanan di bulan puasa.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu jadikan inspirasi ide jualan di bulan puasa. Ayo manfaatkan momen di bulan ramadan ini untuk memulai bisnis kamu dengan cara memilih jualan paling laris di bulan ramadhan. Untuk kalian yang ingin memulai bisnis, ayo segera bergabung di OY! Bisnis. 

 

Bergabung dengan OY! Bisnis dan Kembangkan Bisnis Kamu Sekarang 

 

Setelah mendapatkan ide makanan dan minuman sebagai ide jualan di bulan puasa, sekarang saatnya kamu mempertimbangkan penggunaan OY! Bisnis untuk kelancaran bisnis kamu. OY! Bisnis menyediakan beragam jenis produk yang bisa dimanfaatkan bagi para pebisnis untuk meningkatkan penjualan serta mengembangkan bisnis mereka. 

OY! Bisnis juga memiliki tujuan untuk membantu para pemilik bisnis untuk bisa melakukan transaksi penjualan secara digital dengan mudah dan efisien. Ada berbagai metode pembayaran yang disediakan sehingga pelanggan kamu bisa membayar dengan menggunakan transfer bank, e-wallet, hingga QRIS.

OY! Bisnis juga sudah terhubung dengan berbagai macam e-wallet di Indonesia dari ShopeePay, GOPAY, OVO, hingga DANA sehingga akan memudahkan pelanggan bisnis kamu saat melakukan pembayaran dengan menggunakan dompet digital yang mereka miliki. Dengan banyaknya opsi pembayaran yang dihadirkan, kamu jadi bisa memudahkan pelanggan untuk membayar sesuai dengan keinginan mereka.

Selain itu, OY! Bisnis juga memudahkan kamu dalam hal rekonsiliasi keuangan sebab semua transaksi akan tercatat secara otomatis di dashboard OY! Bisnis. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah untuk melakukan pembukuan serta mengecek riwayat transaksi.

Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan OY! Bisnis agar bisnis kamu makin berkembang? Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan nikmati manfaatnya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023