Jenis-jenis Asuransi Perjalanan untuk Kamu yang Suka Traveling

Luthfa
|
May 3, 2021

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan - Asuransi perjalanan jadi hal penting yang harus dimiliki para traveller. Bahkan urgensinya nggak kalah penting dari pembuatan itinerary, pemesanan tiket, dan penginapan. Dengan adanya asuransi perjalanan, liburan kamu akan menjadi lebih aman karena kamu akan diberikan perlindungan penuh selama bepergian, khususnya saat ke luar negeri.

Meski menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan, sayangnya masih banyak traveller yang merasa nggak butuh asuransi perjalanan. Padahal, untuk liburan ke luar negeri seperti negara Uni Eropa saja dibutuhkan travel insurance atau asuransi perjalanan sebagai salah satu syarat yang diajukan dalam pembuatan visa.

Terbukti, kan, kalau asuransi perjalanan itu memang penting. Nah, untuk kamu yang ingin membeli asuransi perjalanan, sebaiknya kenali dulu jenis asuransi perjalanan dan fungsi-fungsinya berikut ini.

Asuransi perjalanan berdasarkan jumlah orang yang ditanggung

jenis asuransi perjalanan

Terbagi menjadi dua, yaitu Individual Travel Insurance dan Group Travel Insurance, asuransi ini ditentukan oleh berapa banyak orang yang ditanggung dalam satu akun asuransi. Individual Travel Insurance hanya berlaku untuk satu orang saja dalam sekali perjalanan dan satu akun asuransi. Asuransi ini masuk kategori asuransi pribadi.

Sementara Group Travel Insurance lebih sering digunakan untuk perjalanan dinas. Bagi yang pengin liburan bareng keluarga juga bisa, kok, membeli asuransi perjalanan ini. Dengan membeli paket asuransi ini tentunya jadi lebih hemat dibandingkan harus membeli asuransi perorangan untuk seluruh anggota keluarga.

Asuransi perjalanan berdasarkan tempat tujuan perjalanan

Sama halnya dengan asuransi sebelumnya, jenis asuransi perjalanan ini juga terbagi ke dalam dua bagian. Hanya saja asuransi ini ditentukan dari tujuan perjalannya, yaitu perjalanan sampai luar kota atau domestik dan perjalanan ke luar negeri atau internasional.

Asuransi perjalanan berdasarkan banyaknya melakukan perjalanan

jenis asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan satu ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Single Trip Insurance dan Annual TravelInsurance. Sesuai namanya, Single Trip Insurance adalah asuransi jangka pendek yang diperuntukkan buat traveller yang nggak rutin bepergian atau hanya beberapa kali saja dalam setahun. Nah, untuk kamu yang liburannya hanya tiga bulan sekali bisa membeli jenis asuransi ini.Sedangkan, Annual Travel Insurance adalah kebalikannya dari Single Trip Insurance. Jenis asuransi ini diperuntukkan bagi orang-orang yang rutin bepergian. Misalnya sebulan sekali atau bahkan seminggu sekali. Asuransi ini dibutuhkan oleh mereka yang sering melakukan perjalanan bisnis.

Asuransi perjalanan berdasarkan tujuan melakukan perjalanan

Ada juga, lho, jenis asuransi perjalanan yang ditentukan berdasarkan tujuan dari perjalanan yang dilakukan. Ya, sejatinya tujuan perjalanan masing-masing orang pasti berbeda-beda. Ada yang traveling karena memang ingin liburan saja dan ada juga yang traveling sekalian melakukan perjalanan bisnis.

Buat kamu yang ingin liburan dengan tujuan wisata, kamu bisa membeli asuransi perjalanan wisata. Sedangkan, bagi kamu yang berencana liburan dengan tujuan bekerja, kamu bisa membeli asuransi perjalanan bisnis.

Student Assist

jenis asuransi perjalanan

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau jenis asuransi perjalanan ini diperuntukkan bagi pelajar. Student Assist adalah memang ditujukan untuk mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke luar negeri, baik itu ke Malaysia, Australia, Inggris, Amerika, Prancis, dan negara lainnya.

Asuransi perjalanan khusus Haji dan Umrah

Berencana umrah dalam waktu dekat? Jika iya, jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan khsusus haji dan umrah. Asuransi perjalanan ini bisa digunakan untuk melindungi diri selama melakukan ibadah di Tanah Suci. Jadi, kamu bisa beribadah dengan tenang dan aman tanpa memikirkan risiko kerugian yang bisa terjadi.

Syarat Membuat Asuransi Perjalanan

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum membeli asuransi perjalanan. Pertama, pemegang polis asuransi harus berusia minimal 17 tahun dan maksimal 80 tahun. Kedua, pemegang polis harus memiliki identitas diri yang masih berlaku. Khusus yang mau membeli Group Travel Insurance diwajibkan memiliki kartu keluarga (KK).

Yang terakhir, mengisi formulir dengan data yang sebenar-benarnya. Pastikan untuk menyesuaikan data yang ditulis dengan yang ada di kartu identitas diri. Biasanya, kamu juga diharuskan untuk menulis tujuan perjalanan dan mencantumkan durasi perjalanan yang akan dilakukan.

Jadi, sudah siap liburan dengan aman dan nyaman dengan asuransi perjalanan? Selamat liburan!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023