5 Contoh Usaha UMKM yang Paling Cocok untuk Pemula

Shafira
|
December 14, 2021

5 Contoh Usaha UMKM yang Paling Cocok untuk Pemula - Usaha UMKM kini kian merebak di kalangan masyarakat. Tidak mengherankan bahwa begitu banyak orang mencoba bisnis kecil atau menjadi seorang freelancer untuk menghasilkan uang ekstra di tengah pandemi saat ini. Kamu mungkin berpikir memulai bisnis di masa pandemi ini bisa menjadi usaha yang berisiko, namun banyak ahli percaya masa seperti ini adalah waktu yang tepat bagi orang-orang untuk mulai menjalani kehidupan wirausaha yang diimpikan.

Tentu, kamu ingin memulai usaha UMKM sendiri. Tetapi ada begitu banyak industri atau layanan berbeda yang dapat dijelajahi. Untuk mengetahui dari mana harus memulai bisa terasa mustahil jika kamu sendiri belum memiliki ide dan tujuan bisnis yang jelas. Jadi, bagaimana kamu dapat memilih ide usaha UMKM sebagai seorang pemula?

Dengan 5 ide usaha UMKM ini, kamu akan merasa terinspirasi dan siap untuk memulai bisnis usaha kecil milikmu.

Makanan Rumahan

Makanan Rumahan Usaha UMKM

Bisnis makanan rumahan memang terlihat mainstream namun bukan berarti contoh usaha UMKM ini tidak patut dicoba. Untuk memulai, kamu bisa mencari dan melihat tren makanan yang tengah digemari masyarakat. 

Cari ide makanan yang mudah yang membutuhkan investasi rendah, peralatan minimal, dan lebih sedikit tantangan dalam pengiriman. Contohnya, seperti menjual puding, jus, sambal kemasan, bumbu masakan, atau pun makanan berat seperti bakso atau rice bowl. Keuntungan terbesar dari bisnis ini adalah kamu dapat menghemat banyak biaya operasional bisnis. Kamu pun tidak perlu memiliki tempat operasional bisnis karena semua bisa dilakukan dari rumah. 

Dropship

Dropship Usaha UMKM

Bagi banyak orang, dropshipping adalah pilihan termudah dan paling efisien untuk memulai usaha UMKM berbasis online. Karena kamu tidak perlu membuat atau menyimpan produk, biaya muka rendah dengan dropshipping, dan kamu dapat memulai hanya dengan situs web dan keahlian pemasaran.

Kamu bahkan tidak perlu berurusan dengan pengiriman sebagai dropshipper, karena hal ini dilakukan oleh para supplier. Saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk membantu kamu memulai usaha dropshipping-mu. Plus, jangkauan produk yang bisa kamu jual secara dropship hampir tidak terbatas.

Laundry

Laundry Usaha UMKM

Modal jasa laundry ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Dengan modal awal sekitar 5-7 juta, kamu bisa mulai membuat usaha jasa laundry di rumah sendiri. Modal awal bisa digunakan untuk membeli peralatan mencuci, produk pembersih pakaian, dan juga biaya kemasan laundry.

Kamu dapat mendapatkan keuntungan yang besar dari usaha laundry dari kalangan mahasiswa, karyawan, ataupun ibu rumah tangga yang berada di sekitar rumahmu. Mulai promosikan usaha laundry-mu dan gaet pelanggan sebanyak mungkin.

Hampers

Hampers Usaha UMKM

Contoh usaha UMKM hampers kini telah menjadi tren yang mulai merebak di media sosial dalam dua tahun belakangan ini. Awalnya, usaha hampers hanya dibutuhkan atau dicari pada musim menjelang libur lebaran atau natal. Namun, sekarang masyarakat gemar mengirimkan hampers kepada kerabat atau keluarga tanpa perlu mengikuti musim liburan. 

Untuk memulai usaha ini, dibutuhkan modal awal paling sedikit sebesar 1-2 juta. Kamu dapat mencari berbagai bahan yang dibutuhkan untuk tema hampers-mu dengan mencari supplier kemasan dan aksesoris hampers di marketplace atau secara offline. Tentukan tema hampers dan buat kesan branding yang kuat dan menarik sehingga masyarakat tertarik dengan usaha hampers milikmu.

Layanan Digital Marketing

Layanan Digital Marketing Usaha UMKM

Hampir semua hal saat ini beralih ke digital - mulai dari orang hingga bisnis. Namun, tidak semua wirausahawan memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pemasar digital. Di sinilah kamu melangkah sebagai seseorang yang memiliki pengetahuan tentang bidang pemasaran digital. Bagikan apa yang kamu ketahui dengan orang lain dengan memulai agensi pemasaran digital milikmu.

Selain itu, soroti mengapa itu penting, terutama bagi bisnis. Sebagai penyedia, kamu dapat menjual keahlian kamu dalam pengoptimalan mesin pencari (SEO), manajemen media sosial, email, dan pemasaran konten kepada bisnis atau pengusaha. Temukan klien untuk diajak bekerja sama melalui situs lepas seperti Glints, Kalibrr, dan platform media sosial seperti Facebook dan LinkedIn.

Tingkatkan Performa Pembayaran UMKM dengan OY! Bisnis

OY Bisnis Usaha UMKM

Agar performa UMKM milikmu makin meningkat, OY! Bisnis hadir dengan layanan yang akan memudahkan kamu untuk mengatur kanal pembayaran bisnis secara efektif. Segera daftarkan bisnis kamu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023