Manfaat Asuransi dan Alasan Mengapa Kamu Membutuhkannya

Luthfa
|
May 3, 2021

Manfaat Asuransi dan Alasan Mengapa Kamu Membutuhkannya - Pentingnya asuransi bagi kehidupan masih sering disepelekan oleh sebagian orang. Padahal dengan adanya asuransi, kita jadi semakin terbantu, terutama bila mengalami kecelakaan, jatuh sakit atau bahkan kematian. Sebab perusahaan asuransi akan menanggung seluruh kerugian yang kita alami. Sebagai syarat, nasabah harus membayar premi terlebih dahulu.

Asuransi atau insurance sangat diperlukan mengingat hidup itu nggak pasti. Mungkin sekarang kamu berpikir bahwa hidup tengah berjalan normal, badan sehat, dan hati bahagia. Namun, di saat keadaan terjepit, misalnya anak sakit, kecelakaan, atau ada yang meninggal, asuransi sangat dibutuhkan.

Manfaat asuransi sendiri bukan hanya sebagai proteksi diri dan keluarga karena asuransi juga menawarkan berbagai manfaat lain yang sangat menguntungkan dan patut diperhitungkan. Nah, bagi kamu yang masih ragu untuk mendaftar polis asuransi, simak dulu manfaat asuransi berikut ini.

Memberikan rasa aman dan perlindungan

manfaat asuransi

Dengan memiliki polis asuransi, kamu akan merasa lebih aman dan terlindungi. Kenapa demikian? Hal ini dikarenakan kamu akan terhindar dari kemungkinan risiko kerugian di kemudian hari. Karena itulah, asuransikan beberapa objek sebagai bentuk perlindungan diri, mulai dari kesehatan, jiwa, dan harta benda lainnya.

Jadi investasi dan tabungan masa depan

Meski harus membayar premi setiap bulannya, tak perlu merasa terbebani sebab premi yang dibayarkan selama masa polis akan dikembalikan jika asuransi telah memasuki waktu jatuh tempo. Ini artinya, asuransi juga bisa dijadikan peluang investasi sekaligus tabungan di masa depan.

Untuk jumlah premi yang dikembalikan terhitung besar, terutama bila premi yang dibayarkan tiap bulan besar serta pengajuan klaim jarang dilakukan. Dengan pengembalian premi, kamu jadi bisa menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan yang bermanfaat, misalnya membeli properti.

Sebagai dana darurat

manfaat asuransi

Asuransi juga dapat dijadikan cara untuk mengumpulkan dana darurat. Meski tidak sepraktis dana darurat yang bisa digunakan kapan saja, asuransi tetap dibutuhkan karena dapat digunakan untuk membayar pengeluaran yang sifatnya tidak terduga seperti kecelakaan, sakit, dan kerusakan pada aset yang diasuransikan.

Uang asuransi baru dapat dicairkan ketika nasabah melakukan klaim terlebih dahulu. Proses klaim sendiri nggak berlangsung cepat sebab dibutuhkan waktu berhari-hari sampai uang cair. Supaya mempercepat proses klaim, lengkapi semua syarat yang dibutuhkan.

Jaminan di hari tua

Sudah persiapkan dana pensiun? Meski menjadi salah satu hal penting yang harus disiapkan sejak muda, sayangnya masih banyak orang yang belum peduli tentang hal ini sehingga keinginan untuk menabung di hari tua sering tertunda. Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan asuransi.

Beberapa perusahaan asuransi di Indonesia mempunyai produk jaminan masa tua dengan biaya premi yang sangat beragam. Asuransi ini pun kelak bisa dicairkan ketika memasuki masa pensiun guna membiayai kebutuhan pokok dan pengobatan di hari tua. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak punya asuransi.

Pinjaman ke bank jadi lebih mudah

manfaat asuransi

Tahukah kamu kalau asuransi akan memudahkan seseorang saat hendak mengajukan pinjaman di bank? Ya, bagi seseorang yang terdaftar di sebuah perusahaan asuransi akan lebih mudah mendapat pinjaman dana dari bank. Hal ini dikarenakan asuransi bisa dijadikan jaminan atas pinjaman. Jadi, kalau kamu nggak mampu melunasi pinjaman, bank berhak mengambil alih uang yang ada pada asuransi.

Membantu meningkatkan kegiatan usaha tertanggung

Dengan asuransi, minat usaha masyarakat jadi meningkat. Sebab masyarakat akan lebih suka  berinvestasi pada suatu bidang usaha tertentu jika sebagian risiko investasi dari bisnis tersebut dapat ditutup oleh asuransi. Hal itu tentu akan mengurangi risiko kerugian dari suatu investasi.

Alat untuk membayar utang

manfaat asuransi

Masih punya utang yang belum dibayarkan? Dengan asuransi semua utang bisa langsung dilunasi. Kamu bisa melunasi semua utangmua dengan premi yang dikembalikan oleh perusahaan asuransi. Coba, ingat-ingat dulu kapan asuransi kamu akan jatuh tempo.

Meski begitu, kamu nggak disarankan untuk bergantung pada asuransi, ya. Lebih baik, bayar cicilan secara teratur sehingga uang pengembalian premi bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting.

Hidup jadi lebih tenang

Asuransi bisa membuat hidup lebih tenang karena segala risiko yang dapat diasuransikan ada yang menanggung. Meskipun kamu tetap harus mengeluarkan uang, seenggaknya jumlah yang dikeluarkan lebih sedikit daripada jumlah yang seharusnya. Alhasil, kamu nggak perlu lagi bingung mencari pinjaman dan menambah utang.

Itu dia beberapa manfaat asuransi yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan seluruh manfaat tersebut, penting untuk memilih produk asuransi yang tepat. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu saat ini. Kalau masih banyak pertanyaan seputar produk asuransi, nggak ada salahnya untuk bertanya kepada perusahaan asuransi terlebih dahulu.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023