Memahami Perkembangan Metode Pembayaran Online di Indonesia

Shafira
|
May 3, 2021

Transfer antar bank kini bisa dilakukan secara online. Bahkan masyarakat kian hari makin beralih ke transaksi non tunai. Sejak 2013, pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah menjalankan gerakan transaksi non tunai atau kampanye cashless society. Transaksi non tunai ini didukung dengan sistem pembayaran berbasis online. Masyarakat kini mulai beralih dari metode pembayaran konvensional dan mulai menggunakan metode pembayaran online sebagai alternatifnya. Ekonomi berbasis internet telah menjadi pengubah permainan dalam kultur masyarakat.

Seperti yang dilansir dari Laporan e-Conomy SEA 2020, ekonomi berbasis internet akan mencapai USD 100 miliar dan akan tumbuh lebih dari USD 300 miliar pada tahun 2025, meskipun ada tantangan keterbatasan dalam masa pandemi. Pandemi COVID-19 menyebabkan percepatan konsumsi layanan digital. Saat ini, 1 dari setiap 3 konsumen mulai menggunakan layanan digital karena COVID-19.

Perkembangan ini tentunya juga memengaruhi tren pembayaran yang ada di masyarakat. Seiring dengan mengetatnya protokol kesehatan yang berlaku, masyarakat semakin dianjurkan untuk beralih ke metode pembayaran cashless. Selain sebagai bentuk untuk mengurangi kontak fisik, metode pembayaran cashless memiliki beragam keuntungan dibandingkan pembayaran tunai.

Kini, terdapat beberapa metode pembayaran online yang menjadi pilihan masyarakat. Apa sajakah itu? Mari simak informasi berikut ini.

E-Wallet

Memahami Perkembangan Metode Pembayaran Online di Indonesia E-Wallet

Metode pembayaran dengan uang tunai turun dari 48% transaksi menjadi 37%. Sebagai perbandingan, tren pembayaran menggunakan e-wallet naik dari 18% menjadi 25%. E-wallet telah menggantikan fungsi dompet fisik. Untuk menggunakan e-wallet, perlu dilakukan top up saldo. Top up dapat dilakukan di ATM dan aplikasi perbankan lainnya. Setiap top up akan dikenai biaya admin. Dengan e-wallet, masyarakat dapat menyimpan uang elektronik dan juga melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, pembayaran e-commerce, isi pulsa, atau transfer antar bank. 

Electronic Money

Memahami Perkembangan Metode Pembayaran Online di Indonesia Transfer Antar Bank

Seiring dengan meningkatnya transaksi cashless, uang digital dengan sistem pembayaran elektronik seperti kartu e-Money saat ini kian diminati oleh masyarakat. Electronic money atau e-Money merupakan alat pembayaran yang disimpan secara elektronik dalam suatu media seperti server atau electronic chip.

Menurut penelitian Ipsos yang berjudul The Next Cashless Society, kartu e-Money berjenis Mandiri E-Money dan Flazz merupakan kartu yang paling sering digunakan untuk bertransaksi. Ditemukan juga kebiasaan masyarakat dimana 47% diantaranya hanya memiliki satu kartu, 30% memiliki dua kartu dan 23% memiliki tiga atau lebih kartu e-Money.

Kartu Kredit

Memahami Perkembangan Metode Pembayaran Online di Indonesia Transfer Antar Bank

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang populer untuk bertransaksi. Baik transaksi offline maupun online, kartu kredit memberikan akses pembayaran secara real time. Terlebih lagi, kartu kredit adalah opsi pembayaran online yang didukung oleh banyak sektor bisnis. Berbagai bank dan merchant juga kerap mengeluarkan banyak promosi untuk pembayaran dengan kartu kredit.

Aplikasi Transfer Antar Bank

Memahami Perkembangan Metode Pembayaran Online di Indonesia Transfer Antar Bank

Layanan aplikasi transfer antar bank gratis kini semakin marak digunakan oleh masyarakat. Dengan fitur yang lengkap seperti ATM sungguhan, berbagai aplikasi ini meraih banyak perhatian dan mempermudah jalannya transaksi finansial. Didukung dengan kemajuan teknologi, layanan ini makin canggih dalam melaksanakan berbagai kegiatan finansial.

Aplikasi ini juga kerap mengeluarkan banyak promo menarik dan penetapan biaya transfer bank gratis. Transaksi menggunakan aplikasi ini dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan cara konvensional.

Perubahan tren pembayaran dari tunai ke non tunai telah membantu masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan finansial dalam sehari-harinya. Masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi keuangan, seperti transfer antar bank, belanja online, pembayaran tagihan listrik, pembayaran di restoran, pembayaran angkutan umum, nonton film dan menggunakan layanan perbankan digital lainnya.

Salah satu layanan yang patut dicoba adalah aplikasi OY! Kamu dapat mencoba layanan transfer antar bank gratis dengan OY! Indonesia. Dengan berbagai fitur menarik dan lengkap, rasakan transfer gratis hingga ke 100 bank yang ada di Indonesia. OY! juga sudah terdaftar, berlisensi, dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga transaksi kamu dijamin aman. Unduh aplikasi OY! untuk mengetahui lebih lanjut.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023