Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha UMKM

Shafira
|
December 31, 2021

Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha UMKM - Strategi digital marketing adalah bagian penting dari keseluruhan bauran pemasaran suatu bisnis terlepas dari ukurannya dan apakah bisnis tersebut melakukan bisnis online atau tidak.

Pemasaran usaha UMKM untuk perusahaan lokal dapat mencakup banyak metode periklanan lokal secara offline, tetapi juga perlu menyertakan porsi strategi digital marketing yang tepat untuk memaksimalkan penjualan dalam perekonomian saat ini. Usaha UMKM perlu menerapkan strategi digital marketing yang membantu pelanggan online melihatnya.

Ada beberapa bidang utama pemasaran online yang menarik bagi usaha UMKM. Apa saja hal tersebut? Simak artikel berikut ini.

Apa Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Usaha UMKM?

Digital Marketing OY! Bisnis OY! Indonesia

Lihatlah demografi pelanggan usaha UMKM-mu dan identifikasi di mana mereka menghabiskan waktu mereka secara online. Basis klien digital usaha UMKM-mu mungkin merupakan audiens yang berbeda dari yang biasa ditargetkan. Anggaran biaya pemasaran yang dimiliki akan menjadi faktor penting ketika memutuskan strategi pemasaran digital mana yang akan ditempuh.

Jangan takut untuk menguji beberapa metode berbeda saat memutuskan strategi pemasaran digital mana yang terbaik untuk usaha UMKM milikmu. Lihat hasilnya untuk melihat metode mana yang paling efektif dengan basis klienmu, dan pastikan kamu mendapatkan laba atas investasi (ROI) yang positif.

Beberapa strategi mungkin sulit diukur tingkat keberhasilannya, namun apabila ditekuni secara konsisten dan diukur dengan perbandingan keuntungan yang didapatkan oleh bisnis, kamu dapat melihat garis besar apa strategi pemasaran digital marketing terbaik bagi usaha UMKM milikmu.

5 Jenis Digital Marketing untuk Usaha UMKM

Digital Marketing OY! Bisnis OY! Indonesia

Search Engine Marketing

Saat ini masyarakat menggunakan search engine atau mesin pencarian untuk menemukan suatu produk baik secara online maupun offline. Berbagai jenis usaha menempati posisi teratas dalam hasil pencarian untuk kata-kata yang berhubungan dengan apa yang mereka jual. Sangat penting bagi usaha UMKM milikmu untuk bisa bersaing dalam mesin pencarian ini.

Banyak agensi digital marketing profesional menawarkan layanan Search Engine Marketing melalui optimisasi mesin pencari (SEO), yang dapat membantu peringkat situs usaha UMKM lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari melalui metode seperti:

  • Riset dan volume kata kunci
  • Pembuatan internal link
  • Mengoptimalkan konten untuk menghasilkan informasi yang relevan dan berkualitas tinggi


Local Search Marketing

Pemasaran berbasis lokasi mencakup pengoptimalan situs web untuk hasil pencarian tetapi juga mengintegrasikan fungsi peta digital. Hal ini terutama berlaku dengan Google, di mana usaha UMKM-mu dapat terdaftar dengan pemetaan dan informasi alamat, memberikan calon pelanggan apa yang mereka butuhkan untuk mengunjungi lokasi usahamu. Nomor telepon dan alamat situs web usaha UMKM juga dapat dicantumkan.

Digital Marketing OY! Bisnis OY! Indonesia

Content Marketing

Strategi digital marketing ini berkisar pada memberikan informasi kepada calon pelanggan tentang produk atau layanan serta informasi secara umum mengenai usaha UMKM milikmu. Hal ini diwujudkan dalam bentuk konten informasi yang dapat diakses oleh banyak orang secara online

Dulu, Content Marketing sering dilakukan melalui mencetak brosur atau pamflet. Namun dengan semakin berkembangnya digital content di era ini, strategi berubah dan bergantung pada penyampaian artikel dan informasi yang berharga dan relevan di situs web atau sosial media usaha UMKM milikmu.

Social Media Marketing

Jenis pemasaran ini bisa rumit. Hampir semua badan usaha saat ini memiliki media sosial. Apa yang akan membedakan sosial media usaha milikmu dengan yang lain? Apakah dari segi konten yang ditampilkan? Atau bagaimana kamu mempresentasikan usahamu di dunia digital? Bagi beberapa badan usaha, memiliki hubungan dengan pelanggan dengan interaksi yang intensif dapat menjadi elemen penting dari kesuksesan digital marketing di media sosial.

Mempromosikan usaha UMKM di berbagai platform media sosial bisa jadi sulit bagi pemilik usaha kecil dengan sumber daya terbatas. Alih-alih repot menangani berbagai kanal media sosial, cari tahu saluran online mana yang paling masuk akal untuk usaha UMKM-mu dan pelanggan yang ingin kamu jangkau. Apakah kamu menargetkan klien profesional? LinkedIn mungkin platform ideal untuk usahamu. Apakah pemasaran usaha UMKM-mu memiliki aspek visual yang kuat? Instagram bisa menjadi yang paling cocok untuk kamu

Email Marketing

Bentuk pemasaran ini dapat menjadi sangat penting untuk kesuksesan online atau offline bisnis kecil. Pada dasarnya, pemasaran email mempromosikan produk dan layanan secara elektronik—melalui buletin, newsletter, atau email promosi. 

Melalui email promosi, pelangganmu dapat mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnismu dengan mudah dan cepat. Email Marketing dianggap sebagai strategi pemasaran usaha UMKM jangka panjang yang sangat penting untuk dicoba.

Sediakan Pembayaran Digital dengan OY! Bisnis

Digital Marketing OY! Bisnis OY! Indonesia

Tidak hanya strategi digital marketing yang harus kamu perhatikan, kamu juga dapat menyediakan pembayaran digital dalam usaha UMKM milikmu untuk memberi kemudahan pembayaran bagi pelanggan.

OY! Bisnis hadir untuk memberikan kemudahan baik dalam mengirim maupun menerima pembayaran bisnis kamu. Sebagai sistem pembayaran di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM, kami menghadirkan berbagai fitur dan layanan pembayaran bisnis yang dapat membantu usaha UMKM milikmu meningkatkan performa pembayaran.

Segera daftarkan UMKM milikmu di OY! Bisnis dan dapatkan berbagai keuntungan dalam bertransaksi melalui fitur-fitur OY! Bisnis. #MOVEWITHOY

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023