Penting! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Transfer Antar Bank

Shafira
|
May 3, 2021

Transfer antar bank pada umumnya dikenal sebagai proses pemindahan uang dari satu rekening menuju rekening lainnya. Jenis transfer yang biasanya dilakukan adalah transfer manual. Transfer manual merupakan transaksi yang hanya terjadi antar rekening bank. Layanan transfer ini paling umum digunakan oleh kebanyakan orang.

Saat ini, transfer uang bisa dilakukan dengan cepat, mudah, dan hemat karena adanya layanan transfer uang online. Ini artinya jika kamu ingin mengirim uang, kamu nggak perlu ke teller bank atau bahkan pergi ke ATM lagi.

Dalam menggunakan layanan transfer uang online, nasabah harus memperhatikan beberapa hal agar transaksi bisa dilakukan dengan aman. Berikut adalah tips agar kamu bisa melakukan berbagai transaksi keuangan dengan aman menggunakan layanan transfer uang online.

5 Hal Penting Transfer Antar Bank

Pilih Aplikasi yang Aman

Pastikan dulu aplikasi yang akan kamu unduh sudah terdaftar, berlisensi, dan diawasi oleh Bank Indonesia atau OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kamu dapat melakukan riset mendalam terhadap aplikasi penyedia jasa transfer yang akan kamu gunakan melalui laman sosial media mereka, ulasan dari pengguna, atau dari hasil pencarian di dunia maya. Hal ini wajib dilakukan agar kamu mengetahui lebih lanjut mengenai validitas aplikasi tersebut.

Jaga Kerahasiaan PIN

Biasanya, setiap aplikasi transfer uang online membutuhkan PIN. Nomor PIN berupa tanggal lahir, tanggal pernikahan atau tanggal lahir pasangan merupakan angka yang mudah ditebak. Maka buatlah nomor PIN yang lebih sulit ditebak. Penting juga untuk menghindari penggunaan kombinasi angka yang sudah pernah digunakan sebelumnya. 

Setelah itu, kamu harus menjaga kerahasiaan nomor PIN. Kamu juga bisa mengganti password atau nomor PIN secara berkala agar terhindar dari pencurian data oleh pihak yang nggak bertanggung jawab.

Hindari Penggunaan WiFi Publik

Untuk menghindari pencurian data pribadi, sebaiknya kamu hindari penggunaan WiFi publik yang biasa digunakan oleh banyak orang. Sebaiknya kamu menggunakan jaringan internet pribadi untuk mengantisipasi pencurian data.

Pastikan Saldomu Cukup

Cek kembali saldo yang dimiliki sebelum melakukan transfer antar bank. Jika saldomu nggak cukup untuk melakukan transaksi, kamu nggak bisa melakukan transfer. Beberapa layanan memiliki kebijakan saldo minimum untuk melakukan transfer, jadi selalu periksa saldomu dulu sebelum mengirim uang.

Periksa Kembali Rekening dan Kode Transfer Bank Tujuan

Sebelum melakukan transfer antar bank, selalu periksa kembali rekening dan kode transfer bank tujuan. Saat ini, banyak aplikasi transfer uang online yang memiliki fitur ‘Daftar Rekening’ dimana kamu bisa menyimpan nomor rekening tujuan. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghindari salah transfer.

Transfer Antar Bank Aman dengan OY!

Layanan aplikasi transfer uang online kini semakin marak digunakan oleh masyarakat. Dengan fitur yang lengkap seperti ATM sungguhan, berbagai aplikasi ini meraih banyak perhatian dan mempermudah jalannya transaksi finansial. Didukung dengan kemajuan teknologi, layanan ini makin canggih dalam melaksanakan berbagai kegiatan finansial.

Kamu dapat mencoba layanan transfer antar bank gratis dengan OY! Indonesia. Dengan berbagai fitur menarik dan lengkap, kamu bisa merasakan transfer gratis hingga ke 100 bank yang ada di Indonesia. OY! juga sudah terdaftar, berlisensi, dan diawasi oleh Bank Indonesia sehingga transaksi kamu dijamin aman. Unduh aplikasi OY! untuk mengetahui lebih lanjut.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023