Pentingnya Punya Dana Darurat di Tengah Pandemik Virus Corona

Luthfa
|
May 3, 2021

Pentingnya Punya Dana Darurat di Tengah Pandemik Virus Corona - Dampak virus corona atau Covid-19 benar-benar mengerikan. Banyak perusahaan yang merugi akibat laju perekonomian bangsa yang menurun. Imbasnya, ribuan karyawan terpaksa diputus masa kerjanya akibat perusahaan mengalami krisis keuangan.

Imbauan agar tetap di rumah saja juga menyebabkan pelaku usaha ikut terkena dampaknya. Sebut saja bisnis perhotelan, pariwisata, perbelanjaan, dan maskapai adalah rentetan bisnis yang mengalami kerugian paling besar, bahkan UMKM dan pedagang kecil juga sepi pembeli. Begitu pun dengan ojek dan taksi online yang tak seramai biasanya.

Bisa dibilang semua pebisnis tengah di ambang kebangkrutan. Untuk itulah, di kondisi yang mencekam seperti sekarang ini, penting untuk memiliki dana darurat. Apalagi bagi yang teracam kena PHK atau dirumahkan tapi nggak digaji pasti membutuhkan pemasukan untuk bisa menyambung hidup.

Bagi yang sudah memiliki dana darurat, maka beruntunglah kamu karena bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, nggak ada yang tahu kapan wabah ini akan berakhir. Selagi masih punya kesempatan untuk mengumpulkan dana darurat sebaiknya lakukan dari sekarang sebab risiko bakal tetap ada.

Manfaat punya dana darurat saat musim pandemik

Dana darurat tentu memiliki peran yang sangat besar di musim pandemik seperti sekarang ini. Bagi yang masih belum menyadari manfaat dana darurat, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Tenang jika mengalami sakit

Pentingnya punya darurat di tengah pandemik virus corona

Di tengah wabah virus corona, seseorang memang rentan jatuh sakit. Pikiran yang dibayang-bayangi dengan ancaman PHK atau takut terpapar virus Covid-19 bisa membuat imunitas seseorang menurun drastis. Jika sudah begini, virus pun akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

Namun, kalau sewaktu-waktu kamu jatuh sakit padahal tengah dihadapkan dengan kesulitan finansial, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, kamu masih punya dana darurat. Ya, dengan adanya dana darurat yang cukup, kamu bisa merasa sedikit lebih tenang karena nggak perlu memikirkan soal biayanya.

Punya uang kalau kena PHK

Kalau kena PHK pun, dana darurat bisa jadi penyelamat, apalagi kalau nggak mendapatkan pesangon sepeser pun. Dana darurat bisa membiayai hidupmu selama beberapa bulan ke depan selama belum mendapatkan pekerjaan. Nantinya, kamu bisa gunakan dana darurat untuk membeli kebutuhan pokok atau untuk membayar uang sewa rumah, tagihan listrik, dan air.

Mencegah pinjaman atau utang

Pentingnya punya darurat di tengah pandemik virus corona

Dana darurat juga akan mencegah kamu dari hutang dan pinjaman. Ya, dengan adanya darurat, kamu jadi punya uang cadangan. Jadi, kamu nggak perlu menggesek kartu kredit atau sampai mengajukan pinjaman ke bank atau online karena semuanya bisa kamu atasi dengan dana darurat.

Bagaimana Kalau Nggak Punya Dana Darurat?

Sudah dirumahkan tapi terlanjur nggak punya dana darurat. Mungkin bukan hanya kamu yang tengah mengalami hal ini karena siapa pun nggak ada yang bisa menebak kalau hal ini bisa terjadi. Dalam keadaan genting seperti sekarang ini, ada beberapa hal yang bisa kamu perbuat untuk mendapatkan pemasukan.

Menggadaikan atau menjual harta benda

tips mengumpulkan uang untuk beli rumah kpr

Kalau sudah kepepet seperti ini, mau nggak mau kamu harus merelakan beberapa barang berharga milikmu untuk digadaikan atau dijual. Barang berharga yang dimaksud bisa berupa perhiasan, barang elektronik atau kendaraan. Baik itu milik pribadi atau warisan orang tua bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang segar.

Jika barang tersebut adalah perhiasan, sebaiknya jangan langsung dijual tapi digadaikan dulu. Siapa tahu, nanti setelah kamu punya penghasilan lagi, kamu bisa menebusnya. Yang terpenting, kamu bisa mendapatkan uang dengan jumlah banyak dalam waktu cepat.

Nantinya, uang yang didapatkan bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan sampai, setelah mendapatkan ‘uang kaget’, kamu jadi menghamburkannya.

Mencari penghasilan dari rumah

Jika kamu nggak punya banyak harta benda untuk dijual atau digadaikan, kamu harus memutar otak untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berbisnis online. Mengingat demand masyarakat terhadap kebutuhan pangan saat ini begitu tinggi, kamu bisa memanfaatkan kondisi ini untuk menjual kebutuhan pokok.

Gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan YouTube untuk berjualan online. Kamu juga bisa jualan lewat e-commerce guna menggaet lebih banyak pembeli. Selain kebutuhan pokok, barang-barang lain seperti baju, tas, sepatu, dan makeup juga bisa menjadi alternatif pilihannya. Apa pun jenis usahanya, yang penting bisa menghasilkan uang.

Kalau merasa nggak jago berbisnis, tapi justru punya kemampuan lain kamu bisa manfaatkan skill tersebut. Misalnya, kalau punya hobi menulis, kamu bisa bekerja sebagai penulis lepas. Saat ini pun ada begitu banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas.

Bayarannya pun lumayan per project. Kalau saja satu tulisan dihargai Rp100 ribu, maka kamu bisa mengantongi Rp3 juta bila mampu membuat 30 tulisan dalam sebulan. Lumayan banget, kan?

Sekali lagi, dana darurat sangat dibutuhkan ketika kamu dihadapkan dengan kondisi terburuk. Apalagi di tengah musim pandemik seperti ini, kamu pasti membutuhkan dana darurat untuk berjaga-jaga apabila mendadak di-PHK atau mengalami kebangkrutan. Maka dari itu, penting untuk mengumpulkan dana darurat dari sekarang.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023