Pilihan Cara untuk Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Mutia
|
May 3, 2021

Layanan kesehatan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang diberikan oleh pemerintah beberapa tahun yang lalu ini pasti sudah bukan hal yang asing lagi saat ini. Layanan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki layanan dan fasilitas kesehatan di Indonesia. Selain itu, BPJS juga merupakan asuransi kesehatan dengan tarif yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya.

Layanan BPJS Kesehatan ini juga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan saat membutuhkannya. Dalam upaya memudahkan masyarakat, pemerintah sangat memperhatikan prosedur dan ketentuan untuk mengakses layanan tersebut, termasuk kemudahan untuk cek tagihan BPJS Kesehatan. 

Sebelum menggunakan layanan ini, kamu harus tahu bahwa BPJS Kesehatan menetapkan sejumlah iuran setiap bulannya yang tergantung pada jenis kelas dan layanannya. Untuk iuran BPJS Kesehatan kelas 1 adalah Rp150.000, kelas 2 Rp100.000, dan kelas 3 Rp25.500.

Nah untuk melakukan pengecekan tagihan pembayaran, ada beberapa pilihan cara. Simak artikel berikut ini.

Cek Tagihan Melalui Website Resmi BPJS

cek tagihan bpjs

Kalau kamu memiliki jaringan internet yang stabil, cara ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu cukup masuk ke laman resmi BPJS dan ikuti langkah-langkah ini. 

  1. Isi data diri yang terdiri dari nomor kartu dan tanggal lahirmu sebagai pemegang kartu BPJS.
  2. Ketik angka validasi yang tertera. Lalu, klik ‘Cek’. Rincian pembayaran akan muncul pada layar. 

Cek Tagihan BPJS Kesehatan Melalui SMS Gateway

Jika kamu nggak terkoneksi dengan internet, kamu tetap bisa cek tagihan melalui layanan SMS. Kamu bisa mengaksesnya di nomor 0877 7550 0400. Dengan menghubungi nomor tersebut, kamu bisa mengakses berbagai informasi terkait dengan layanan BPJS Kesehatan, termasuk jumlah tagihan bulanan yang harus kamu bayar. 

Untuk bisa mengakses informasi yang kamu butuhkan, gunakan salah satu data diri kamu, antara NIK, Nomor Kartu BPJS Kesehatan, atau NIP yang kamu miliki. Berikut contoh format untuk melakukan pengecekan tagihan:

Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh: Tagihan 0000123456789

Kirim ke 0877 7550 0400.

Melakukan Pengecekan Melalui Aplikasi Mobile JKN

cek tagihan bpjs

Aplikasi JKN merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi seputar asuransi kesehatanmu. Berikut tata cara cek tagihan BPJS Kesehatanmu menggunakan aplikasi Mobile JKN.

  • Unduh dan instal aplikasi mobile JKN dari ponsel lewat Google Play Store atau App Store.
  • Registrasi untuk membuat akun.
  • Masuk ke akun mobile JKN mu.
  • Pilih menu Tagihan, lalu Premi.
  • Nanti akan tertera informasi tagihan dan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Melalui Channel Lain

cek tagihan bpjs

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa cek tagihan BPJS Kesehatanmu lewat Care Centre di nomor 1500 400, Mobile Customer BPJS Kesehatan, atau di Mal Pelayanan Publik yang tersedia di kotamu.

Itu dia pilihan cara untuk melakukan pengecekan tagihan bulanan BPJS Kesehatanmu. Semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa membantu ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023