Sejarah Hari Valentine: Kenapa Ditetapkan pada Tanggal 14 Februari?

Atia Tobing
|
February 9, 2022

Sejarah Hari Valentine: Kenapa Ditetapkan pada Tanggal 14 Februari? - Apakah kamu sering merayakan Hari Valentine? Jika iya, kamu pasti tahu Hari Valentine jatuh di tanggal berapa, kan?

Ya, Hari Valentine merupakan hari kasih sayang seluruh dunia yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Februari. Kebanyakan orang merayakan Valentine’s Day dengan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan, keluarga, atau sahabat serta memberikan kado berupa bunga, cokelat, atau benda lainnya.

Meskipun Hari Valentine sudah biasa dirayakan oleh masyarakat, tidak semua orang tahu asal-usul dari hari spesial ini. Sebagai contoh, kira-kira kenapa Valentine dirayakan pada tanggal 14 Februari? Seperti apa sejarah Hari Valentine?

Tenang, kami telah merangkum sejarah Hari Valentine bagi kamu yang penasaran. Baca selengkapnya pada artikel OY! berikut ini!

Sejarah Hari Valentine (Valentine’s Day)

sejarah hari valentine

Jika kita berbicara tentang sejarah Hari Valentine, ada banyak versi sejarah Valentine dengan legendanya masing-masing. Dilansir dari Britannica.com, salah satu sejarahnya mengungkapkan bahwa Hari Valentine berasal dari seorang pendeta bernama Valentine.

Berdasarkan legenda tersebut, pendeta yang bernama Valentine ini menentang perintah kaisar dan diam-diam menikahkan pasangan muda demi menyelamatkan para pria muda dari perang. Maka dari itu, Valentine’s Day dikaitkan dengan hari cinta atau hari kasih sayang.

Di sisi lain, versi sejarah lainnya menceritakan bahwa pendeta Valentine dibunuh karena ia berusaha membantu orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi. Legenda ini juga mengungkapkan bahwa Valentine jatuh cinta dengan seorang gadis muda yang mengunjunginya selama ia di penjara.

Sebelum kematiannya, Valentine menulis surat bertanda "From your Valentine" yang ditujukan kepada gadis muda tersebut. Ekspresi "From your Valentine" masih sering digunakan sampai saat ini, khususnya pada Hari Valentine!

Lantas, mengapa Hari Valentine dirayakan pada tanggal 14 Februari? Ketahui alasannya pada ulasan di bawah ini!

Kenapa Hari Valentine Dirayakan Setiap Tanggal 14 Februari?

sejarah valentine

Seperti yang kita ketahui, perayaan Hari Valentine diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 Februari. Mengapa Valentine dirayakan pada tanggal tersebut?

Dari banyaknya legenda yang tersebar di seluruh dunia, legenda Valentine yang paling populer dan dipercaya adalah kisah seorang pendeta bernama Valentine yang dieksekusi mati oleh kaisar. Pendeta tersebut dieksekusi mati karena ia telah menentang kebijakan kaisar. 

Lengkapnya, sejarah Hari Valentine ini bermula dari seorang pendeta dari Roma yang bernama Valentine yang memberontak kebijakan dari Kaisar Claudius II. Dalam sebuah cerita, Valentine dieksekusi mati dengan cara dipancung pada tanggal 14 Februari 278 M. 

Pendeta Valentine dianggap telah menentang kebijakan Kaisar Claudius II yang memiliki keinginan untuk memenangkan setiap peperangan dengan memiliki pasukan tentara yang kuat. Namun hal tersebut sulit untuk diwujudkan karena banyak tentara yang enggan untuk berperang karena masih terikat dengan istri dan kekasih.

Setelah kematiannya, Valentine dinobatkan sebagai orang suci dan disebut sebagai Santo Valentine. Tanggal kematiannya yang jatuh pada tanggal 14 Februari pun diperingati sebagai Hari Valentine yang berbasis kasih sayang.

Rayakan Hari Valentine Bersama Orang Tersayang!

sejarah hari valentine

Valentine’s Day 2022 sudah di depan mata, loh. Apa yang akan kamu lakukan untuk merayakan momen spesial ini?

Setiap orang pasti memiliki orang tersayang. Bagi kamu yang memiliki pasangan, inilah saat yang tepat untuk membuat belahan jiwamu semakin sayang sama kamu!

Memang, Hari Valentine sangat identik dengan pemberian hadiah box berisi cokelat dan bunga mawar kepada pasangan. Namun, pemberian kado bukanlah satu-satunya cara untuk menunjukkan rasa sayang kepada pasangan. Kamu juga bisa memberikan ucapan hari Valentine yang romantis atau memberikan kado Valentine yang tak kalah romantis dari box berisi cokelat dan bunga mawar.

Agar bisa menghemat uang, banyak promo hari Valentine yang bisa kamu manfaatkan saat merayakan Valentine’s Day, loh. Cari tahu selengkapnya di sini.

Tak Hanya Pasangan, Rayakan Valentine’s Day dengan Keluarga atau Sahabat!

sejarah valentine

Siapa bilang Hari Valentine merupakan momen khusus untuk pasangan? Valentine’s Day tidak membatasi siapa saja orang yang boleh merayakan hari kasih sayang ini! Bahkan, sejarah telah menetapkan Valentine sebagai hari kasih sayang untuk semua orang.

Luangkan waktu untuk mengunjungi rumah keluarga, terutama bagi kamu yang sudah berumah tangga. Temui orang tua dan lakukan berbagai hal yang mampu menyenangkan hati mereka, misalnya membawa kado atau mengajak makan malam bersama.

Selain itu, Hari Valentine juga dapat kamu rayakan bersama teman terdekat atau sahabat kamu! Rencanakan quality time bersama mereka dengan melakukan berbagai aktivitas yang kalian suka. Hal sederhana seperti itu pun adalah contoh perayaan valentine yang patut kamu coba tahun ini!

Namun, apabila pandemi COVID-19 memisahkan kamu dengan orang tersayang, manfaatkan kecanggihan teknologi untuk berkomunikasi dengan mereka. Gunakan gadget kamu untuk melakukan video call pada Hari Valentine selama kamu masih jauh dari pasangan, keluarga, atau sahabat kamu.

Sekian penjelasan tentang sejarah Hari Valentine yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat merayakan Valentine’s Day pada tanggal 14 Februari 2022 mendatang, ya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023