Tips Aman Melakukan Transaksi Digital

Atia Nadira
|
May 3, 2021

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun membuat kita semakin pintar untuk memilih alternatif baru yang mampu memudahkan kita, contohnya bertransaksi digital. Masyarakat sekarang juga lebih jeli dan sudah mulai menerapkan beberapa tips aman untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Bertransaksi digital tentunya menjadi solusi terbaik yang dipilih oleh masyarakat karena caranya yang sangat praktis dan mudah. Namun, tindak kejahatan melalui transaksi digital masih sering terjadi sampai saat ini, mulai dari penipuan hingga pencurian informasi data pribadi.

Jangan khawatir, bertransaksi digital yang aman bisa dilakukan jika kamu menerapkan beberapa tips. Apa saja tips aman bertransaksi digital? Simak terus artikel ini ya!

Tindak Kejahatan di Era Digital

Tindak Kejahatan di Era Digital

Melakukan berbagai hal secara online seperti transaksi keuangan memang sangatlah praktis dan mudah. Namun, masih banyak tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang mengatasnamakan lembaga keuangan terhadap masyarakat untuk memperoleh keuntungan.

Kasus penipuan dan pencurian informasi data pribadi juga sering terjadi di kalangan masyarakat. Kedua tindak kejahatan ini bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar loh.

Lalu, bagaimana sih caranya supaya terhindar dari berbagai tindak kejahatan tersebut? Yuk simak tips aman bertransaksi digital berikut ini.

Tips Aman Bertransaksi Digital

Berikut tips aman yang dilansir dari akun Instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Cermati dengan baik ya!

1. Hindari Penggunaan WiFi Publik Saat Transaksi Keuangan

Hindari Penggunaan WiFi Publik Saat Transaksi Keuangan

Menurut OJK, penggunaan WiFi publik dapat menyebabkan terjadinya pencurian data pribadi. Jika kamu ingin melakukan transaksi keuangan, disarankan untuk menggunakan jaringan internet pribadi agar lebih aman.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memantau notifikasi dari setiap transaksi kamu. Notifikasi dari transaksi yang nggak diketahui bisa saja kamu terima, namun diharapkan untuk segera menghubungi pihak bank yang bersangkutan jika hal tersebut terjadi.

2. Belanja Online di Situs atau Aplikasi yang Terpercaya

Belanja Online di Situs atau Aplikasi yang Terpercaya

Pastikan hanya berbelanja di situs belanja online yang terpercaya. Cara untuk memastikan keamanan suatu situs belanja online adalah dengan melihat alamat situs. Nah, situs yang aman terdapat simbol 'gembok' di pojok kiri atas sebelum alamat situsnya atau alamat situsnya dimulai dengan https://.

Lalu, untuk menghindari penipuan, hindari bertransaksi digital yang meminta pembayaran langsung ke rekening pribadi penjual.

Untuk mentransfer uang secara online dengan mudah dan aman tentunya bisa dilakukan dengan berbagai cara. OY! punya cara-caranya nih!

3. Rutin Mengganti Password dan Nggak Sembarangan Memberikan One Time Password (OTP)

Tips Aman Transaksi Digital

Password atau pin harus diganti secara berkala dengan angka, tanda baca, dan huruf yang unik untuk menjaga keamanan kamu. Usahakan untuk menggunakan password atau PIN yang berbeda untuk rekening atau akun yang berbeda. 

Jangan pernah kasih tahu password/PIN atau OTP kamu ke orang lain yang nggak dikenal serta hindari pengiriman data pribadi melalui aplikasi digital atau media sosial.

Itulah tips aman bertransaksi digital yang bisa kamu terapkan saat melakukan transaksi digital. Semoga bermanfaat dan bisa membuat kamu mencegah terjadinya tindak kejahatan yang merugikan ya!

Ingin bertransaksi digital dengan mudah dan gratis? Tenang, OY! Indonesia menyediakan layanan transfer antar bank secara gratis loh. Caranya mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja!

Tunggu apa lagi, yuk download aplikasi OY! Indonesia sekarang untuk memperoleh keuntungan saat bertransaksi. Be Smart, Be OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023