Tips Membangun Brand Image dalam Bisnis

Luthfa
|
October 19, 2021

Kemajuan suatu bisnis tak lepas dari peran brand image atau citra merek bisnis tersebut. Bahkan bisa dibilang bahwa brand image adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pemasaran. Dengan citra bisnis yang baik, pelanggan pun tak akan ragu untuk belanja di toko Anda.

Itulah alasannya mengapa banyak perusahaan berlomba-lomba mencari cara membangun brand image perusahaannya. Nah, untuk mencari tahu cara membangun brand image bisnis yang kuat, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Tips Membangun Brand Image dalam Bisnis

Perlu diingat bahwa kompetitor akan lebih mudah mengambil perhatian pelanggan Anda jika Anda memiliki brand image yang buruk. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk mempertahankan pelanggan Anda dengan membangun brand image bisnis sedini mungkin.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand image perusahaan.

1. Tunjukkan keunikan dari bisnis Anda

Untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis rival, cobalah untuk menunjukkan keunikan dari bisnis Anda. Entah melalui produk, logo, atau campaign yang diusung, tonjolkan pembedanya. Dengan keunikan yang melekat pada brand Anda, pelanggan pun akan lebih mudah mengenali serta mengingat bisnis Anda.

Menonjolkan sebuah keunikan memang cukup sulit, apalagi jika bidang bisnis yang Anda jalani sangat umum. Ada baiknya jika Anda berdiskusi dengan tim untuk menentukan selling point atau uniqueness dari produk Anda. Usahakan untuk tetap mengutamakan ciri khas yang mengandung berbagai nilai positif.

2. Sampaikan brand message kepada pelanggan

Setelah menentukan keunikan dari produk Anda, kini sampaikanlah hal tersebut kepada pembeli. Carannya, buatlah logo seunik mungkin atau ciptakan maskot dan slogan. Jika perlu, gunakan gambar 3 dimensi yang didukung dengan audio yang menarik guna memengaruhi sisi psikologis pelanggan.

3. Lakukan promosi

Cara selanjutnya untuk membangun brand image adalah dengan melakukan promosi. Anda bisa melakukan promosi dengan berbagai macam cara, mulai dari memasang iklan di televisi atau radio atau sesimpel pasang Ads di media sosial. Selain itu, Anda juga harus melakukan promosi secara berkali-kali untuk mendapatkan atensi pelanggan.

4. Manfaatkan media sosial

Media sosial yang kini digunakan hampir semua orang memudahkan Anda untuk menciptakan brand image bisnis Anda. Buatlah konten yang menarik yang dapat memikat hati pelanggan. Manfaatkan seluruh jejaring media sosial, seperti Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan kualitas layanan

Untuk menciptakan brand image yang baik, jangan hanya mengandalkan ciri khas produk Anda, tapi Anda juga harus meningkatkan kualitan layanan Anda. Perlu diingat bahwa semua orang mungkin bisa berbisnis, tapi tidak semuanya mampu mengelolanya dengan baik, termasuk memerhatikan sisi pelayanannya.

Banyak pebisnis yang abai terhadap hal tersebut sehingga membuat pelanggan mengeluh. Jika tak ingin kehilangan pelanggan, sebaiknya tingkatkan kualitas pelayanan bisnis Anda dengan menyediakan layanan customer service 24/7.

Bergabung dengan OY! Bisnis, Payment Gateway Terlengkap di Indonesia

Setelah Anda memahami betapa pentingnya brand image dalam suatu bisnis, mulailah untuk membenahi sistem pembayaran bisnis Anda sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan bisnis. Sediakan varian metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda. Untuk mewudjukan hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa payment gateway seperti OY! Bisnis. OY! Bisnis memiliki banyak produk yang dapat memfasilitasi pelanggan Anda dengan metode pembayaran yang beragam, mulai dari e-wallet, kartu kredit/debit, gerai ritel, maupun transfer antar bank.

Bagaimana, menarik banget kan? Yuk, bergabung dengan OY! Bisnis sekarang juga dan nikmati kemudahan menerima pembayaran! 

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023