Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

Arin
|
April 22, 2022

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022 - Semakin mendekati waktunya lebaran 2022, kamu pasti tahu kegiatan apa yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat? Betul, mudik adalah salah satu kegiatan spesial yang dilakukan masyarakat Indonesia setiap hari raya Idul Fitri.

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

 

Tradisi mudik di Indonesia sudah ada sejak lama dan biasanya menjadi ajang kumpul keluarga, apalagi bagi mereka yang merantau dan tinggal jauh dari kampung halaman. Mudik lebaran ini menjadi ajang silaturahmi sekaligus tempat bertukar rindu dengan sanak keluarga serta teman yang tinggal di wilayah lain.

Walaupun begitu, suasana lebaran terasa sangat berbeda selama dua tahun belakangan. Pandemi COVID-19 yang melanda seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia, membuat pemerintah mengeluarkan himbauan untuk tidak mudik lebaran dan pembatasan perjalanan selama dua tahun terakhir.

Oleh karena itu, lebaran 2022 ini terasa semakin spesial karena pandemi COVID-19 di Indonesia semakin terkendali penyebarannya. Sebagai hasil, pemerintah pun akhirnya mengeluarkan izin mudik pada saat cuti bersama lebaran 2022 di tanggal 28 April sampai dengan 6 April.

Bagi kamu yang hendak mudik di lebaran tahun ini, berikut kami berikan tips persiapan mudik lebaran 2022 supaya perjalanan mudik berjalan lancar. 

 

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

 

Setelah dua tahun tidak mudik lebaran, tentunya ada banyak hal yang kamu harus persiapkan sebelum memulai perjalanan. Apalagi situasi saat ini jauh berbeda dengan situasi mudik beberapa tahun yang lalu. Yuk, catat apa saja persiapan yang harus kamu siapkan sebelum mudik lebaran dengan menyimak artikel di bawah ini.

 

Lakukan vaksinasi booster

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

 

Walaupun pemerintah sudah memberikan lampu hijau untuk perjalanan mudik lebaran, alangkah baiknya jika kamu tetap memenuhi peraturan yang telah ditetapkan. Satgas Covid-19 telah mengeluarkan aturan agar pemudik menerima vaksinasi booster, beberapa moda transportasi juga mewajibkan penumpangnya untuk menunjukkan hasil negatif virus Corona atau bukti vaksin dosis ketiga.

Nah, kami sarankan agar kamu melakukan vaksinasi booster setidaknya seminggu sebelum mudik untuk menghindari efek samping yang terkadang muncul. Kamu tentunya perlu berada dalam kondisi yang paling sehat jika mau melakukan perjalanan, terutama perjalanan yang jauh.

Jika kamu sudah menerima vaksinasi booster, maka kamu tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes negatif RT-PCR maupun Rapid Tes Antigen sebelum melakukan perjalanan pada waktu cuti bersama lebaran 2022. Selain itu, perjalanan kamu juga akan menjadi lebih aman karena vaksin dosis ketiga telah dibuktikan bisa meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan virus Corona.

 

Taati protokol kesehatan

Mudik lebaran 2022 ini tentunya akan sangat berbeda dengan yang biasanya. Dikarenakan oleh virus Corona, kamu harus mentaati protokol kesehatan yang ada dengan rajin. Apalagi saat mudik, kamu akan melakukan kontak fisik dengan banyak orang sehingga kamu harus mengerti bahwa vaksinasi saja tidak bisa melindungi kamu sepenuhnya dari virus.

Pastikan bahwa kamu selalu memakai masker selama perjalanan dan membawa hand sanitizer di saku. Jangan lupakan juga untuk menghindari keramaian dan tetap menjaga jarak ketika berada di tempat umum, apalagi jika kamu melakukan perjalanan mudik lebaran dengan menggunakan transportasi umum.

 

Download aplikasi PeduliLindungi di gadget

 

PeduliLindungi adalah aplikasi yang digunakan pemerintah dalam melacak penyebaran virus COVID-19. Aplikasi ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menyimpan data-data seperti sertifikat vaksin hingga memberikan informasi terkait zonasi.

Saat ini, mayoritas moda transportasi umum seringkali meminta penumpangnya untuk memperlihatkan bukti vaksinasi sebelum melakukan perjalanan. Nah, aplikasi PeduliLindungi ini akan memberimu kemudahan dalam mengakses sertifikat tersebut. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi membawa kertas berisi fotokopi sertifikat vaksin.

Selain itu, aplikasi yang satu ini juga sering digunakan untuk mengakses layanan publik seperti tempat wisata, stasiun, hingga restoran. Maka dari itu, PeduliLindungi akan sangat membantu dalam memudahkan perjalanan kamu jika perlu singgah di suatu tempat sebelum sampai ke kampung halaman pada saat cuti bersama lebaran 2022 ini.

 

Pahami aturan perjalanan mudik

 

Ada banyak hal yang kamu harus terapkan dan ketahui agar mudik lebaran berjalan dengan lancar. Dari implementasi ganjil genap hingga aturan dalam membawa kendaraan pribadi pada saat mudik lebaran 2022, kamu harus memastikan bahwa semuanya telah kamu pahami dengan betul.

Contohnya, jika kamu hendak melakukan perjalanan yang jauh dengan mobil pribadi, kamu harus mengecek kondisi kendaraan milikmu itu. Pastikan bahwa kondisi dan komponen mobilmu berfungsi dengan baik karena jika tiba-tiba ada kerusakan di tengah jalan tol, kamu akan kesulitan mencari pertolongan.

Selain itu, pastikan bahwa kamu telah mengetahui semua peraturan yang telah ditetapkan pemerintah pada kesempatan mudik tahun ini untuk memudahkan perjalanan kamu ya!

 

Kepak barang bawaan dari jauh hari

Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

 

Agar tidak terburu-buru dalam mengepak barang, akan lebih baik jika kamu sudah mempersiapkan apa saja barang yang akan dibawa dari jauh hari sebelum cuti bersama lebaran 2022 tiba. Kunci dari mengepak barang secara efisien adalah tidak membawa terlalu banyak barang, tetapi jangan terlalu sedikit juga. Pastikan bahwa kamu membawa barang seperlunya saja dan tidak perlu membawa barang-barang yang tidak ada gunanya.

Selain pakaian dan mungkin oleh-oleh, ada beberapa barang yang penting untuk dibawa saat kamu akan melakukan perjalanan jauh saat mudik lebaran 2022. Yang pertama adalah smartphone. Smartphone banyak digunakan untuk berbagai keperluan, dari mengakses sertifikat vaksin, melakukan pembayaran cashless, hingga sebagai hiburan ketika bosan di perjalanan. 

Yang kedua adalah uang tunai. Terkadang beberapa tempat tidak melayani pembayaran secara digital, contohnya warung. Nah, uang tunai pasti akan kamu butuhkan jika dihadapkan dengan situasi seperti ini. Pastikan kamu membawa uang tunai secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan agar tidak menjadi target kejahatan.

Yang ketiga, obat-obatan. Meskipun kamu merasa sehat saat memulai perjalanan, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu ikut mengepak obat-obatan atau kit P3K kecil di antara barang bawaan kamu. Obat paling umum yang biasanya dibawa oleh saat mudik lebaran adalah obat mabuk kendaraan, obat masuk angin, hingga plester penutup luka.

Nah, itulah tips persiapan mudik lebaran 2022 dari kami agar perjalanan kamu tetap lancar dan aman. Bagi kamu yang hendak pulang kampung pada saat cuti bersama lebaran 2022, jangan lupa untuk menerapkan tips-tips dari kami, ya!

Selamat mempersiapkan mudik lebaran dan semoga mudik kamu berjalan lancar.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023