Transfer Uang Beda Bank Melalui Jaringan ATM Bersama

Shafira
|
May 3, 2021

Transfer uang beda bank melalui ATM bukan lagi hal yang nggak mungkin. Kini kamu nggak perlu lagi pergi ke bank untuk melakukan pengiriman uang ke rekening bank lain. Pihak bank kini telah menjalin kerja sama dengan satu sama lain untuk memudahkan alur pengiriman uang antar bank. Kerja sama ini didukung oleh suatu jaringan antar bank. Biasanya, kamu akan menemukan logo-logo jaringan ATM yang bernama ATM Bersama di mesin ATM.

Nah, ATM tersebut dapat menerima dan melakukan transaksi antar bank. Nasabah dari bank terkait juga dapat melakukan transaksi di ATM tersebut walaupun bukan nasabah dari bank tersebut. Ada beberapa layanan ATM Bersama yang biasanya kamu temui. Mari mengenal jaringan ATM ini lebih lanjut.

Jaringan ATM Bersama

Jaringan ATM Bersama

Jaringan ATM Bersama dibuat untuk menjawab intensitas kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi menggunakan ATM. Dengan meningginya minat masyarakat, maka butuh banyak mesin ATM yang harus disediakan oleh bank dalam satu wilayah. Akhirnya, beberapa bank memutuskan untuk menjalin kerja sama untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan ATM. ATM Bersama merupakan salah satu bentuk kerja sama tersebut.

Beberapa jenis layanan ATM Bersama ternama adalah ATM Bersama, LINK, PRIMA, Gerbang Pembayaran Nasional (GNP), Cirrus, Visa, dan ALTO. Masyarakat dapat menggunakan layanan ATM ini untuk bertransaksi walaupun dari bank yang berbeda. Kamu dapat melihat jaringan apa saja yang terkoneksi dengan bank kamu dengan melihat logo yang ada di kartu ATM-mu.

Keuntungan Transfer Antar Bank di ATM Bersama

Transfer Uang Beda Bank ATM Bersama

Salah satu manfaat dari bertransaksi menggunakan ATM Bersama adalah segala transaksi dapat diproses secara Real Time Online (RTO). Kamu nggak perlu lagi repot pergi ke bank untuk melakukan transaksi secara dua arah. Dengan RTO, transaksi dapat diproses lebih cepat.

Selain itu, kamu juga nggak perlu mengikuti jam kerja bank karena layanan ATM beroperasi selama 24 jam. Walau transfer uang bisa dilakukan tanpa batasan waktu, transaksi per hari ada minimal dan batasan transfer yang nominalnya berbeda-beda untuk setiap bank.

ATM Bersama juga memungkinkan kamu untuk bertransaksi bebas biaya admin bank. Ada beberapa bank yang menerapkan gratis biaya admin tetapi ada juga yang tidak. Hal ini masih tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh masing-masing bank penerbit kartu. Umumnya, biaya yang dikenakan berjumlah Rp7.500 untuk tarik tunai, Rp6.500 untuk transfer antar bank, dan Rp4.000 untuk pengecekan saldo.

Cara Transfer Uang Beda Bank Lewat ATM Bersama

Transfer Uang Beda Bank ATM

Melakukan transfer uang antar bank lewat ATM Bersama nggak jauh beda dari transfer menggunakan ATM biasa. Sebelum itu, kamu harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, yakni:

  1. Ketahui nomor rekening tujuan. Catat di handphone-mu atau di secarik kertas.
  2. Lihat kode bank tujuan. Kamu dapat melihatnya di sini.
  3. Pastikan saldo di rekening cukup.

Setelah itu, kamu dapat mengunjungi lokasi ATM Bersama terdekat untuk melakukan transfer uang. Berikut cara transfer uang beda bank melalui ATM Bersama:

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam slot kartu di mesin ATM
  2. Pilih bahasa Indonesia untuk memudahkan kamu bertransaksi.
  3. Masukkan nomor PIN ATM kamu.
  4. Pilih jenis transaksi yang akan dilakukan. Pilih menu TRANSFER.
  5. Setelah itu, pilih bank tujuan transfer.
  6. Bila transfer ditujukan antar bank yang sama, masukkan nomor rekening tujuan. Setelah itu pilih BENAR.
  7. Bila transfer ditujukan ke rekening bank lain, kamu perlu memasukkan kode bank terlebih dahulu lalu diikuti dengan nomor rekening tujuan. Setelah memasukkan nomor rekening tujuan, pilih BENAR.
  8. Masukkan Nominal Uang yang ingin ditransfer ke rekening tujuan. Pilih BENAR.
  9. Masukkan Nomor Referensi (opsional)
  10. Konfirmasi ulang. Setelah semua detail transaksi yang ditampilkan benar, pilih YA.
  11. Transfer berhasil. Kamu akan menerima bukti transaksi berupa struk dan kartu ATM-mu kembali.

Kamu dapat menekan tombol SALAH jika salah memasukkan nomor rekening. Sementara itu, tombol CANCEL digunakan untuk membatalkan transaksi. Kartu ATM milikmu akan otomatis keluar dari mesin ATM.

Saat ini lokasi ATM Bersama sudah tersebar banyak di berbagai wilayah sehingga aksesibilitas layanan ATM semakin dimudahkan. Kamu juga dapat menggunakan layanan transfer antar bank dari OY! Layanan milik OY! Ini telah terhubung ke 100 bank yang terdaftar di Indonesia. Selain itu, kamu bisa menikmati transfer antar bank gratis dari biaya admin bank. Unduh aplikasinya dan daftarkan dirimu sekarang di OY!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023