Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Arin
|
April 27, 2022

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan - Sebelumnya pemerintah telah mengumumkan bahwa kegiatan mudik lebaran tahun ini boleh kembali dilaksanakan. Masyarakat pun segera berbondong-bondong untuk melakukan persiapan mudik setelah dua tahun tidak bisa melepas rindu ke kampung halaman mereka.

Jumlah masyarakat yang akan melaksanakan mudik diperkirakan akan berada pada puncaknya pada saat cuti bersama lebaran 2022, yaitu di tanggal 28 April - 6 Mei. Pemerintah memperkirakan bahwa tahun ini, jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi mereka untuk melakukan perjalanan mudik lebaran akan mencapai 23 juta orang.

Yuk, baca artikel ini dengan seksama untuk mendapatkan tips mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi dari kami untuk membuat perjalanan kamu menjadi lebih nyaman dan selamat sampai tujuan!

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 dengan menggunakan mobil pribadi tentunya harus melakukan persiapan ekstra agar perjalanan mereka lancar dan aman. Dari mengecek kondisi mobil sampai mempersiapkan biaya untuk jalan tol dan sebagainya, ada banyak hal yang perlu disiapkan dengan matang.

Untuk memastikan bahwa kegiatan mudik lebaran kamu berjalan dengan lancar, simak tips-tips berikut dari kami!

Pastikan mobil dalam keadaan prima

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Kondisi kendaraan yang akan digunakan wajib kamu periksa dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran. Pemilik mobil pribadi harus melakukan pengecekan secara menyeluruh ke beberapa komponen mobil seperti mesin, ban, oli, filter hingga rem mobil. 

Kamu bisa membawa mobil kamu ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan memastikan bahwa mobil kamu berada dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan. 

Kamu juga harus memastikan bahwa fitur keamanan mobil semuanya berfungsi. Pastikan bahwa seat belt, air bag, dan segalanya bisa kamu gunakan. Selain itu, sediakan juga perkakas cadangan untuk berjaga-jaga jika mobil mengalami kerusakan di jalan.

Lalu pastikan juga bahwa interior maupun eksterior mobil kamu berada dalam keadaan bersih. Pastikan bahwa AC berfungsi dengan baik dan sediakan juga kantong sampah di dalam mobil agar perjalanan kamu terasa nyaman sampai ke tujuan.

Membawa barang sesuai kapasitas

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Jika kamu akan melakukan perjalanan mudik lebaran 2022 dengan menggunakan mobil pribadi, ingatlah untuk tidak mengepak barang yang berlebihan. Walaupun kamu pasti ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman di kampung halaman, tetapi pastikan bahwa barang yang kamu bawa tidak melebihi kapasitas bagasi mobilmu ya.

Selain itu, pastikan juga bahwa kamu membawa penumpang sesuai dengan kapasitas mobil milikmu. Hal ini untuk menghindari over capacity yang bisa menyebabkan banyak masalah, baik bagi pemilik mobil maupun pengendara sekitar yang bisa terkena imbasnya.

Mobil yang memuat terlalu banyak barang bisa memunculkan berbagai masalah seperti mengurangi keseimbangan mobil hingga berkurangnya kekuatan mesin. Hal-hal ini bisa membuat perjalanan mudik lebaran kamu menjadi tidak nyaman dan bahkan memiliki risiko untuk menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, bawalah barang secukupnya agar skenario di atas tidak terjadi kepada kamu maupun pemudik lainnya.

Siapkan makanan dan minuman

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Tentunya saat melakukan perjalanan mudik lebaran yang memakan waktu lama, kamu akan merasakan lapar dan haus di jalan. Nah, untuk mengantisipasi jika tidak ada rest area ataupun warung di sekitar, pastikan bahwa kamu membawa makanan maupun minuman dari rumah.

Hal ini dikarenakan, tubuh kamu memerlukan asupan gizi agar tetap fit saat melakukan perjalanan mudik. Oleh karena itu, kamu bisa menyiapkan makanan ringan yang membuat kenyang seperti biskuit, roti, hingga buah-buahan potong dari rumah sehingga memudahkan kamu untuk makan di perjalanan. 

Patuhi protokol kesehatan

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Di tengah hiruk piruknya mudik lebaran tahun ini, kamu tetap tidak boleh lupa kalau kita masih berada di tengah pandemi COVID-19. Protokol kesehatan tetap harus kamu patuhi untuk menjaga kesehatan diri maupun keluarga dan teman-teman di kampung halaman.

Selalu pakai masker di perjalanan, kamu juga bisa membawa masker cadangan dan meletakkannya di kompartemen mobil. Kamu juga harus ingat untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama melakukan perjalanan mudik lebaran. Sediakanlah hand sanitizer dan tisu basah di mobil, serta rajin mencuci tangan tiap kali berada di tempat umum seperti rest area.

Kamu juga harus memastikan agar tubuh kamu berada dalam kondisi sehat sebelum melakukan perjalanan mudik. Makan, minum, dan istirahatlah yang cukup, tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk segera mencapai tujuan. Akan menjadi lebih baik jika kamu juga menyediakan obat-obatan seperti obat anti mual, obat demam, dan sebagainya untuk berjaga-jaga selama di perjalanan.

Pahami aturan mudik lebaran

Tips Mudik Lebaran 2022 Pakai Mobil Pribadi agar Selamat Sampai Tujuan

Dikarenakan kondisi yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pemerintah telah mengeluarkan aturan-aturan baru yang harus dipenuhi pemudik selama melakukan perjalanan mudik lebaran 2022.

Dari syarat yang harus dipenuhi para PPDN, keharusan dalam menunjukkan hasil screening negatif virus COVID-19, sampai implementasi ganjil genap serta one way di jalan tol, hal-hal ini tentunya harus kamu pahami terlebih dahulu agar perjalanan mudik kamu berjalan tanpa masalah.

Dengan banyaknya jumlah mobil yang akan digunakan pemudik, tentunya pemerintah mengantisipasi jika kemacetan akan terjadi selama kegiatan mudik lebaran berlangsung. Oleh karena itu, pastikan kamu mengecek aturan mengenai pemberlakuan ganjil genap serta jalur one way dan syarat-syarat yang harus dipenuhi para pemudik atau PPDN di waktu lebaran 2022 dengan cermat dan teliti ya.

Semoga tips-tips dari kami bisa membantu kamu pada saat melakukan mudik lebaran 2022 ini. Semoga perjalanan kalian berjalan lancar sampai tujuan dan jangan lupa untuk tetap mematuhi aturan-aturan yang ada. Stay safe semuanya!

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.
Mulai Sekarang
Logo BI White
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by Bank Indonesia, Register Number 21/267/Jkt/3
PT. Dompet Harapan Bangsa (“OY! Indonesia”) registered and authorized by the Financial Services Authority, Register Number S-326/MS.72/2019
Logo Kominfo White
OY! Indonesia registered as the electronic system provider at Indonesia Ministry of Communication and Informatics, Register Number 000019.01/DJAI.PSE/02/2021.
ISO 9001 Quality Management System, ISO 27001 Information Security Management System, ISO 37001 Anti-bribery Management System certified by BSI under certificate numbers FS 751090, IS 751086, and IABMS 780552
Follow Us On
© OY! Indonesia. 2023